Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau

Surat Suara Pemilu 2019 Tiba, Bawaslu Talaud Awasi Prosesnya

Wawointana : Kami Awasi Secara Melekat.

Talaud, detiKawanua.com - Sebanyak 287.845 lembar surat Suara Pemilu 2019 telah tiba di Kabupaten Kepulauan Talaud, Jumat (22/2) sore. Pengangkutan logistik ini ke Gudang Logistik KPU Talaud menggunakan 1 unit mobil  truk jenis Hino dengan Nopol DB 4882 AT dari Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Dalente Woba .

Penjemputan surat suara dihadiri Kapolres Kepulauan Talaud AKBP. Prasetya Sejati SIK, Ketua KPUD Aripatria Pandesingka SPdK dan Anggota KPUD Talaud, Andri Sumolang ST, Budirman Mengga, Pimpinan Bawaslu Talaud Tevi Wawointana SPd dan Raemond Manangkabo SPd, Sekretaris KPUD Nelwan Maloring SH, MH, dan Kasubag Logistik KPU Hendry Essing.

Saat tiba di gudang logistik sekira pukul, 15.45 WITA dilaksanakan serahterima logistik dari perwakilan Ekspedisi PT. Adi Perkasa Steven Aimbu kepada Ketua KPUD Kabupaten Kepulauan Talaud disaksikan Kapolres dan Bawaslu Talaud.

Semantara melaksanakan tugas, Koordinator Divisi Pengawasan, Humas dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Talaud Tevi C. Wawointana SPd mengatakan hasil pengawasan yang dilakukan oleh Bawaslu bahwa Surat Suara yang bergerak dari Kapal bergeser ke Gudang Logistik KPU Talaud dengan menggunakan truk dan dipastikan 184 Koli sampai dengan aman.

" Surat suara sampai dengan aman dan akan dilakukan penyortiran bersama dengan KPUD Talaud dan Polresta Talaud", ujar Wawointana.

Wawointana menambahkan pihaknya setiap hari akan melakukan pengawasan dan penjagaan surat suara sampai terdistribusi ke seluruh TPS yang ada di Kabupaten Kepulauan Talaud.

" Tugas kami Pengawas Pemilu adalah melakukan pengawasan melekat terkait dengan pendistribusian logistik yang dipastikan harus sesuai dengan Peraturan Perundangan - Undangan yang berlaku", tegasnya.

Sementara itu, Ketua KPUD Talaud Aripatria Pandesingka mengatakan, untuk surat suara yang tiba sebanyak 238 koli, terdiri dari surat suara Pemilu Pilpres dan Wapres, DPR Dapil Sulut, DPRD Provinsi Dapil Sulut Tiga, dan DPRD Talaud di tiga dapil.

 " Sedangkan untuk 29 Koli  surat suara pemilu DPD masih dalam perjalanan dari Makassar ke Bitung yang diperkirakan tiba  antara tanggal 23 atau 24  Februari. Kami juga berterima kasih kepada Pak Kapolres yang  telah mengerahkan personilnya untuk mengawal ketat kedatangan surat suara yang dikirim lewat KMP Dalente Woba," ungkap Pandesingka.

Terkait pengamanan melekat, Kapolres Kepulauan Talaud AKBP. Prasetia Sejati, SIK mengatakan akan mensiagakan 7 personilnya di gudang logistik.

"Selain personil Polres. Untuk penambahan personil PAM Pemilu 2019. Dari Polda akan mengirimkan 40 personil ditambah personil Kompi 4 Brimob di Talaud", Jelas Kapolres.

Adapun rincian Logistik surat suara yang tiba diantaranya 75. 211 lembar (18 Koli) Surat suara Pemilu Presiden dan Wakil Presiden , 71.211 (72 Koli)  lembar Surat Suara Pemilu DPR RI Dapil Sulut,  71. 211 lembar (18 Koli) Surat Suara pemilu DPRD Provinsi dapil Sulawesi Utara 3 (Nusa Utara), 30.033 lembar (31 Koli) Surat suara pemilu DPRD Kab.Kepl.Talaud Dapil Satu, 19 .610 lembar (20 koli)  Surat suara Pemilu DPRD Kab.Kepl.Talaud Dapil Dua  dan 24. 569 lembar  (25 Koli) Surat suara pemilu DPRD Kab.Kepl.Talaud Dapil Tiga. Artinya, 711.211 lembar (29 Koli) surat suara Pemilu DPD belum ada. (Simon)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Jumat, 22 Februari 2019 ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional