Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Sisa Minuman Makanan Plastik, Dipungut Gubernur Olly dan Istri Kapolri

Manado, detiKawanua.com -  Gubernur Sulut, Olly Dondokambey bersama istri Kapolri (Jendral Tito Karnavian) yakni, Tri Suswati Karnavian yang juga Ketua Umum Wanita Selam Indonesia (WASI), pada Sabtu (23/03) pagi tadi dalam memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2019 yang diikuti peserta apel siaga sekitar 5000-an orang dari unsur Masayarakat, ASN, TNI Polri yang digelar dikawasan Megamas Manado, kedua petinggi itu pun mulai dari menggunakan tangan, sapu hingga jaring sampah, turun langsung melakukan pembersihan sampah di darat maupun di laut seputaran kawasan hingga di muara sungai Jembatan Soekarno.
Pantauan detiKawanua.com, usai membersihkan sampah tepi pantai kawasan Megamas, gubernur bersama isteri Kapolri pun menaiki perahu yang masing-masingnya memegang jaring kecil kemudian mulai menyisir pantai bersama rombongan dan mengangkat semua sampah terlebih sampah plastik.

Adapun sebelumnya gubernur mengungkapkan apressiasinya kepada seluruh pihak yang  merespon dan terlibat langsung pada kegiatan tersebut. Dimana menurutnya juga persoalaan sampah menjadi masalah serius dari pemerintah.

"Melalui Presiden Joko Widodo pun mengambil sikap dengan menerbitkan Kepres Tahun 2017 sebagai pedoman dalam pengelolaan sampah baik dari hulu ke hilir. Begitupun dengan upaya Pemprov Sulut terus digalakkan melalui program rutin yang melibatkan seluruh instansi pemerintah dan kerjasama dengan berbagai stakeholder serta TNI Polri. Diingatkan pentingnya kesadaran diri kita sebagai manusia karena, manusia merupakan penghasil sampah terbanyak," ungkapnya.

Adapun oleh Pemprov Sulut menurut gubernur, tengah mengupayakan suatu solusi dengan pembuatan tempat pengelolaan sampah regional yang ketersediaan lahan sebesar 50 hektare (Di Desa Ilo-Ilo Kab Minahasa Utara) untuk empat kabupaten kota.

"Marilah kita bersatu menjadikan Sulut bersih dari sampah, dengan memperaiapkan betul-betul daerah kita sebagai daerah destinasi pariwisata," kata Olly.

Sementara itu dalam sekilas wawancara bersama isteri Kapolri Jendral Tito (Tri Suswati) seusai membagikan sumbangan sembako kepada puluhan petugas kebersihan, mengajak para masyarakat dan seluruh stakeholder untuk kiranya menyadari betul akan kebersihan sampah, sembari menyampaikan sejumlah hal penting dalam hal pengelolaan sampah.

Diketahui pada kegiatan tersebut, terdapat 5 titik pelaksanaan pembersihan sampah. Turut hadir juga Sekertaris Provinsi Sulut, Edwin Silangen, Kapolda Sulut, Sigid Tri Hardjanto bersama isteri juga sejumlah pejabat tinggi TNI Polri, Walikota Kota Manado, Vicky Lumentut dan Isteri, Wakil Walikota Mor Bastian, Wakil Bupati Minahasa, Robby Dondokambey  serta sejumlah pejabat teras Pemprov Sulut.

(IsJo)

Di Postkan Oleh Infodetikawanua | Sabtu, 23 Februari 2019 , ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional