Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Advertise with Anonymous Ads

Jajaran Kodam XIII/Mdk Bantu Warga Korban Banjir Longsor Manado

Manado, detiKawanua.com - Komando Daerah Militer(Kodam) XIII/Merdeka membantu warga yang dilanda banjir di Kec Singkil Manado, Jumat (1/2). Dimana, cuaca ekstrem melanda sebagian besar wilayah Sulawesi Utara sejak Jumat (1/2) subuh hari dengan curah hujan yang tinggi secara terus menerus, sehingga banjir pun tidak bisa dihindari akibatnya banyak masyarakat terjebak. Selain itu tanah longsor pun terjadi di beberapa titik.

Banyak masyarakat yang terjebak banjir sehingga naik ke lantai atas rumah bahkan ada juga yang mencoba memanjat pohon dan atap rumah guna menyelamatkan diri.

Kapendam XIII/Mdk Kolonel Kav M Jaelani mengatakan bahwa, Kodam sudah menurunkan pasukan untuk membantu masyarakat yang rumahnya diterjang banjir dan tanah longsor. "Kegiatan TNI jajaran Kodam XIII/Mdk membantu masyarakat sudah dimulai pukul 14.45, terutama masyarakat yang rumahnya diterjang banjir dan  tanah longsor, kemudian melakukan upaya penyelamatan masyarakat serta diungsikan ke tempat yang lebih aman dan membuka jalan yang tertutup material longsong serta pencarian korban". Ujar Kapendam.

Lebih lanjut disampaikan Kapendam bahwa anggota Denzipur sudah menolong beberapa masyarakat yang membutuhkan pertolongan dengan menggunakan perahu karet.  "Tim evakuasi Denzipur 4/YKN sudah mengevakuasi warga yang terkena banjir di Kelurahan singkil 2 lingkungan 5 (Kebun Kopi) Kec. Singkil Kota Manado, untuk diungsikan ketempat yang lebih aman,  dengan jumlah masyarakat yang dibantu sekitar 18 orang" Lanjut Kapendam.

"yang ditolong terdiri dari 6 ibu dewasa, 3 nenek nenek, 2 kakek kakek, 1 ibu hamil, 2 bayi dan 4 anak kecil". Jelasnya.

Sementara itu di tempat terpisah Dandim 1309/Manado Letkol Inf Elvino Yudha Kurniawan mengatakan bahwa hingga saat ini pihaknya terus melakukan pemantauan secara langsung. "Kami berharap masyarakat bisa tetap berhati-hati dalam menyelamatkan diri jangan panik. Semua pihak sudah turun langsung termasuk TNI. Kami senantiasa siap membantu "Ungkap Dandim.
 Ditempat yang berbeda,  Babinsa Wenang Koramil 1309-02/WTP Serda Marjun mengajak masyarakat agar keluar dari rumah mencari tempat yang lebih aman, genangan air Kurang Lebih 1,5 meter di Lingkungan I  dan II Komo Luar Kecamatan Wenang Kota Manado yang mengakibatkan luapan air Das Tondano.

Autentikasi :
Kapendam XIII/Mdk Kolonel Kav M Jaelani.

(Bag Pendam XIII Mdk/IsJo)

Di Postkan Oleh Infodetikawanua | Sabtu, 02 Februari 2019 ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional