Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau

Bupati Sehan Salim Landjar Bersama Wabup Boltim Hadiri Acara Adat Tulude

Bupati Landjar dan  Wabup Gumalangit didampingi TP PKK Nursiwin Dunggio dan Wakil Ketua TP PKK Titiek Mamonto saat menghadiri Acara Adat Tulude.

Boltim, detiKawanua.com - Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sehan Salim Landjar SH dan Wakil Bupati (Wabup) Boltim Drs Rusdi Gumalangit didampingi Ketua TP PKK Ny. Nursiwin Dunggio dan Wakil Ketua TP PKK Ny. Titiek S Mamonto, menghadiri acara adat Tulude yang digelar di desa Dodap Pante kecamatan Motongkad pada Jumat (8/2/2019).

Tulude berasal dari bahasa suku Nusa Uara, Sangihe yang berarti, upacara adat syukur kepada Tuhan yang Maha Kuasa atas berkat-berkat dan penyertaanya kepada umat manusia, selama setahun yang lalu kita telah melakukan kesalahan. Dan di tahun ini tidak akan mengulanginya lagi.

Acara adat berlangsung secara meriah. Pada Upacara Adat Tulude, yang menjadi puncak acara di antaranya pemotongan kue tamo yang dilakukan oleh ketua adat.

Bupati Boltim, dalam sambutannya kesempatan tersebut mengatakan, bahwa tujuan dari acara ini adalah untuk melestarikan adat dan budaya, untuk mengucap rasa syukur kepada Tuhan yang maha kuasa.

"Atas nama pemerintah daerah, Saya mengapresiasi dengan adanya adat dan budaya ini kepada panitia. Saya ucapkan terima kasih tidak mudah mengemplementasikan kegiatan ini. Saya akan mengupayakan ke dinas terkait untuk dianggarkan, agar acara tersebut menjadi acara rutinitas setiap tahun," ucap Sehan Salim Landjar.

Lanjut Bupati tuturkan, jangan hanya menjadikan acara adat budaya ini hanya sebagai seremoni, tetapi kita harus jadikan acara adat Tulude seperti ini sebagai pelesatarian adat dan budaya. Dan untuk mempersatukan hubungan silaturahim, memperkuat hubungan antara pemerintah daerah dan masyarakat Boltim.

"Saya berharap, semoga dengan selesainya acara tulude ini, masyarakat Boltim semakin memperkuat hubungan antar sesama tidak membeda-bedakan suku, ras dan agama," kata Bupati.

Turut hadir dalam acara adat Tulude tersebut, Putri Bupati Amalia S Landjar, Asisten 1, sejumlah kepala SKPD, serta anggota DPRD Boltim, Camat, Kepala-kepala desa (Sangadi-red).

(Fidh)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Senin, 11 Februari 2019 , ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional