Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Berkendala Itu PNS Terlilit Pinjaman Dengan Jaminan, BSGo Tidak Pengaruh

Add caption
Manado, detiKawanua.com - Penegasan pihak Bank Sulut Gorontalo (BSGo) terkait adanya informasi sejumlah kepala daerah yang ingin memindahkan Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) dari BSGo ke bank lain, sama sekali tidak berpengaruh terhadap keuntungan BSGo sendiri. Namun, yang nantinya terjadi adalah selama ini Aparatur Sipil Negara (ASN) yang telah melakukan pengambilan pinjaman/kredit itu disertai jaminan berupa gaji pokok. Demikian dijelaskan Direktur Utama BSGo, Jefry Dendeng kepada wartawan, Kamis (31/01).

“Yang namanya kredit itu harus ada jaminannya, jadi tidak pengaruh seperti yang pernah pak gubernur (Olly Dondokambey) sampaikan. Hanya saja keuntungan yang berkurang, tapi pada dasarnya tidak punya pengaruh lebih karena contohnya saja, jika kita membuka usaha seperti warung, biasanya kita untungnya satu juta, kali ini berkurang jadi sembilan ratus ribu saja,” jelas Dendeng.

Terkait dengan banyaknya ASN baik di provinsi dan kabupaten kota yang telah melakukan pinjaman itu diungkapkannya tentu itu akan terjadi kendala jika akan memindahkan rekening ke bank lain.

”Gaji mereka itu sudah menjadi jaminannya, ketika rekening mereka dipindahkan oleh pimpinan mereka, sudah tentu para PNS tersebut harus membayar melunasi kredit mereka terlebih dahulu dikami (BSGo), atau juga pihak pemda setempatnya yang bantu memotong," jelas Dendeng.

Disisi lain pun ia mengungkapkan bahwa BSGo pada sekarang ini dalam keadaan stabil dengan dibuktikan selain data CAR 16,9 dan resiko lukuiditas sangat kecil juga hal itu sering dikontrol oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

”Jadi tidak perlu khawatir, likuiditas itu resiko paling utama karena hal ini merupakan bagian dari kewajiban bank membayar nasabah apabila terjadi sesuatu. Karena kalau diukur dari LFR nya, perbandingan kredit dan dana itu adalah rasionya bahkan melalui OJK 80% hingga 92%, dan BSGo LFR di bawah 100 persen. Boleh di cek ke bank lainnya,” terangnya.

(IsJo)

Di Postkan Oleh Infodetikawanua | Jumat, 01 Februari 2019 ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional