Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau

Hari Ini, KPU Boltim Lantik 14 Anggota PPK Hasil Penambahan

Ketua KPU Boltim Jamal Rahman saat melantik 14 Anggota PPK Hasil Penambahan.

Boltim, detiKawanua.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), melaksanakan kegiatan pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) hasil penambahan sesuai amanah putusan Mahkamah Konstitusi (MK), terkait penambahan dua anggota PPK, dari sebelumnya berjumlah 3 orang. 

Pelaksanaan pelantikan di sekretariat KPU Boltim Tutuyan, pada Rabu (02/1/2019). Dua personil dari masing-masing 7 kecamatan yang ada di Boltim tersebut, dilantik sekaligus oleh Ketua KPU Boltim Jamal Rahman, dan disaksikan Komisioner KPU Abdul Kader Alhabsyi, Devita Pandey, Terry Suoth, dan Adchilny Abu Kasim, beserta pimpinan Bawaslu Boltim Susanto Mamonto.

Ketua KPU Jamal Rahman, saat penyampaian sambutan usai acara pelantikan, menuturkan bahwa pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan kepada para anggota PPK merupakan amanah Undang-Undang sesuai hasil keputusan MK terkait penambahan dua anggota sehingga, saat ini anggota PPK menjadi lima personil.

"Tentu saja setelah dilantik dan diambil sumpah, Saya sangat berharap seluruh anggota PPK langsung menjalankan tugas-tugas kepemiluan sesuai aturan yang ada. Sharing dan berkoordinasi dengan anggota PPK lama, jika ada yang mungkin sulit dikerjakan atau tidak tahu, jangan sungkan untuk berkoordinasi langsung dengan kami di KPU," kata Jamal.

Dirinya juga mengatakan, PPK sebagai penyelenggara pemilu di kecamatan, penting untuk mengetahui informasi termasuk isu-isu kepemiluan nasional. Selain menambah wawasan, juga untuk menangkal hoax atau berita tidak benar yang mendiskreditkan KPU dan seluruh elemen penyelenggara, agar pemilu tidak berjalan sesuai rencana.

"Salah-satu tugas penting PPK adalah, pendataan pemilih. Di mana data pemilih tetap (DPT) hingga DPT Hasil Perubahan yang sudah dua tahap diperbaiki, akan terus diupdate hingga hari pemilihan dilaksanakan," jelas Dia.

Usai pelantikan, para anggota PPK yang baru mendapatkan pembekalan awal dari seluruh Komisioner KPU serta sekretaris KPU Arfan Palima. Kemudian masing-masing wilayah berkoordinasi untuk rapat perdana antara anggota PPK yang baru dan lama. 

(Fidh)

Di Postkan Oleh Infodetikawanua | Rabu, 02 Januari 2019

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional