Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
PratinjauPratinjau

Suport Kemajuan Pembangunan Serta Sosial di Sulut, Komisi VIII DPRRI Serap Aspirasi Pemprov Sulut

Manado, detiKawanua.com - Kedatangan Tim Komisi VIII DPRRI ke Kantor Gubernur Sulut pada Senin (17/12) siang tadi, diterima langsung Sekertaris Provinsi, Edwin Silangen di Ruang FJ.Tumbelaka. Adapun maksud tujuan kunjungan kerja dari tim yang berkompeten dibidang keagamaan, bencana, sosial, dan kesejahteraan masyarakat itu, pada intinya menurut Ketua Tim, TB. H. Ace Hasan Syadzily, selain momentum silaturahmi menjalin komunikasi, juga menyerap aspirasi masyarakat dan pemerintah sebagai wujud suport untuk kemajuan daerah terutama di Sulawesi Utara.

"Ini bentuk kunjungan serius dengan sengaja mengajak para mitra kerja (pihak kementerian terkait) ke daerah ini, untuk bisa mendengar dan melihat langsung sebagaimana jika ada hal-hal yang bisa ditindak lanjuti," terang Hasan Syadzily, sembari mengatakan bahwa Provinsi Sulut merupkan daerah ketiga yang menjadi daerah kunjungan yang sebelumnya di Sumatera Utara dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Sementara itu, Sekprov Silangen yang mewakili Gubernur Olly Dondokambey dalam sambutannya mengatakan terkait hal itu, Pemprov dan masyarakat Sulut berterima kasih dipilihnya Sulut menjadi daerah kunjungan kerja dari tim Komisi VIII dengan lingkup tugas bidang agama dan sosial menjelaskan bahwa Visi Pembangunan Daerah 2016-2021 yakni Terwujudnya Sulawesi Utara yang berdikari dalam ekonomi, berdaulat dalam politik, dan berkepribadian dalam budaya, serta penjabarannya dalam tujuh misi (saptacita) pembangunan daerah diantaranya bidang agama, sosial, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, badan amil zakat, penanggulangan bencana, serta perwakafan di Provinsi Sulut.

"Ini yang menjadi fokus perhatian pemerintah provinsi yang pelaksanaannya disinergikan dan dikoordinasikan secara langsung dengan segenap stakeholders pembangunan yang terkait," terangnya.

Lebih jauh dirinya memaparkan, di bidang agama Pemerintah Provinsi Sulut selalu bekerjasama dengan Kanwil Kementerian Agama serta melibatkan Tokoh Agama dan lembaga keagamaan dalam pembangunan daerah sehingga kemajemukan kehidupan beragama di daerah ini senantiasa diwarnai dengan keharmonisan dan kerukunan.

"Sulawesi Utara termasuk daerah yang paling Toleran di Indonesia. Hal itu berlaku juga pada bidang sosial yang mampu menjawab berbagai permasalahan yang ada di daerah Sulut dengan menurunnya  angka kemiskinan di Provinsi Sulawesi Utara, dan ini paling rendah Se-sulawesi," terang Silangen.

Terkait permasalahan penanggulangan bencana, Sekprov melaporkan bahwa Sulawesi Utara cukup rawan terdampak bencana, maka kesiap siagaan di sektor ini menjadi perhatian penting, dengan melaksanakan Rakor serta Apel Kesiapan Tanggap Darurat Bencana Alam yang melibatkan seluruh Stakeholders terkait di daerah ini.

Diakhir sambutannya, Sekprov Silangen mengharapkan kepada Komisi VIII agar melalui Forum ini dapat memberikan masukan informasi maupun data yang sifatnya terperinci dan mendetail sehingga kunjungan kerja ini dapat dimanfaatkan oleh daerah dalam upaya meningkatkan kinerja dalam pembangun daerah dan untuk kesejahteraan masyarakat di Sulawesi Utara.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut Kepala Dinas P3A Mieke Pangkong, Kepala Kesbangpol Meky Onibala, Kepala BPBD Joi Oroh, Kepala Biro Kesra, Kartika Devi Tanos, Staf Ahli Gubernur Roy Tumiwa, perwakilan Kakanwil Kemenag dan Perwakilan Baznas Sulawesi Utara

(IsJo/tim)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Selasa, 18 Desember 2018 ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional