Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
PratinjauPratinjau

Selama November-Desember 2018, BBPOM Manado Temukan Ribuan Produk Ilegal dan Berbahaya

BBPOM Manado saat menggelar konferensi pers.

Manado, detiKawanua.com - Selama periode bulan November hingga Desember 2018, Balai Besar Pengawas Obat Makanan (BBPOM) di Manado dengan lintas sektor melakukan aksi penertiban pasar dari kosmetik ilegal dan/atau mengandung bahan berbahaya di beberapa kabupaten/kota di Provinsi Sulawesi Utara.

Menurut BBPOM dalam konfrensi pers  yang dilaksanakan di kantor BBPO Manado pada Jumat (21/12/2018) lalu, dari 37 sarana di pasar tradisional, diperkirakan terdapat 22 sarana yang mengedarkan kosmetik ilegal dan/atau bahan berbahaya.

Menurut Kepala BBPOM Manado DRA Sandra MP Linthin AptMKes total produk ilegal serta mengandung bahan berbahaya yang diamankan di 6 kabupten/kota tersebut, sebanyak 3.452 item dengan nilai keekonomiannya yakni 90.544.300 rupiah. 

"Jenis pelanggaran yang ditemukan antara lain kosmetik tanpa ijin edar (TIE) lokal sebanyak 155 item, kosmetik tanpa ijin edar (TIE) impor 3132 item, kosmetik kadaluarsa lokal sebanyak 161 pieces dan kosmetik kadaluarsa impor sebanyak 4 pieces," terang Kepala BBPOM di Manado.

Ia melanjutkan, BBPOM dan lintas sektor juga melakukan intensifikasi pangan dalam rangka menjelang perayaan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 di beberapa kabupaten/kota di Sulut.

"Kami melakukan intensifikasi pangan di Kabupaten Minahasa, Minahasa Utara (Minut), Minahasa Selatan (Minsel), Minahasa Tenggara (Mitra), Kota Tomohon, Bitung dan Manado," ujarnya.

Selanjutnya, sarana yang diperiksa meliputi distributor pangan, ritel modern, toko dan kios.

"Dari 28 sarana yang diperiksa, terdapat 17 sarana yang mengedarkan pangan tidak memenuhi ketentuan (pangan kadaluarsa, pangan kemasan rusak, dan pangan repacking), dengan total temuan sebanyak 458 pieces/item dengan nilai keekonomiannya Rp 6853.100," pungkasnya.

(Rul

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Minggu, 23 Desember 2018 ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional