Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
PratinjauPratinjau

Himbauan Warga Sulut, Data Diri Akan Diblokir Sementara Jika Tak Rekam e-KTP Batas 31 Desember

Manado, detiKawanua.com - Hingga kini tercatat sebanyak 52.003 keping elektronik (e) KTP di 8 Kabupaten Kota di Sulut telah dilakukan pemusnahan massal diantaranya, Kota Manado 6620 keping, Kab. Boltim 3143 keping, Kota Tomohon 8255 keping, Kab. Kep Talaud  8894 keping, Kab. Mitra 4563 keping, Kab. Minut 4613 keping, Kab. Bolmut  5917 keping, dan Kab. Kota Kotamobagu 9998 keping e-KTP. Dimana, dasar pemusnahan tersebut menurut Kepala Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil dan KB Provinsi Sulut, Bahagia Mokoagow, merupakan e-KTP yang sudah invalite atau cacat, rusak dan lakukan perubahan data.

"Hingga saat ini baru 8 kabupaten/kota tersebut yang melakukan pemusnahan KTP nantinya akan disusul oleh kabupaten/kota lainnya," ungkapnya, Selasa (18/12).

Adapun juga menurut Mokoagow, pemusnahan itu atas instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) melalui surat edaran Sekretaris Jenderal (Sekjen) dilanjutkan instruksi Dirjen Dukcapil ke jajaran Dukcapil se-Indonesia.

"Cara pemusnahannya juga bukan hanya digunting tapi dengan cara dibakar, guna menghindari agar tidak disalahgunakan oknum tidak bertanggungjawab apalagi ini menjelang momentum Pemilu," jelasnya.

Selain itu dirinya juga mengingatkan kepada masyarakat yang telah ber usia 17 tahun ke atas agar segera melakukan perekaman e-KTP mengingat batas terakhir tanggal 31 Desember sudah dilakukan pemblokiran.

"Segera datangi Dukcapil kabupaten/kota terdekat apabila sampai tanggal 31 belum merekam maka data akan dinonaktifkan sementara. Hal ini juga untuk mendukung data proses pelaksanaan Pileg dan Pilpres 2019," tandas mantan Pj Bupati Bolsel itu.

(IsJo/*)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Selasa, 18 Desember 2018

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional