Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
PratinjauPratinjau

Gaghana Ajak Warga Gunakan Bahasa Sangihe Dalam Pergaulan Setiap Hari

Tahuna, detikawanua.com - Bahasa Daerah Sangihe yang merupakan bahasa khas untuk saat ini mulai jarang didengar baik di perkantoran, pusat perbelanjaan, dan dalam kehidupan sehari-hari. Warga  masyarakat Sangihe lebih dominan mengunakan bahasa Indonesia. 

 Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME, mengajak masyarakat Sangihe untuk mengangkat lagi bahasa daerah Sangihe dapat dipraktekan dalam kehidupan sehari-hari.

Jadikan bahasa Daerah Sangihe ini menjadi bahasa pergaulan serta dijadikan bahasa pengantar bagi kita, kata Gaghana saat menyampaikan sambutan pada pelaksanaan program Me'Daseng di Kampung Kahuis Kecamatan Manganitu, Jumat (14/12).

Lanjut,, sampai saat ini masih banyak yang kaku dalam pengucapan bahasa Sangihe, jadi bahasa daerah Sangihe ini harus sering diucapkan.

"Saya mengaku bahwa sebagai orang Sangihe hingga saat ini masih sulit mengucapkan bahasa Daerah Sangihe. Karena tata aturan dari struktur bahasanya ini sangat luas," ungkap Gaghana

Tamba,, bahasa Sangihe memiliki struktur yang sangat luas bila diartikan. Strukturnya ini biasa dibawakan pada sambutan, jadi sangat sulit dipahami apabila bahasanya ini tidak dipelajari dengan sunguh-sungguh.

Untuk itu generasi saat ini merupakan generasi yang melestrarikan kebesaran peninggalan nenek moyang kita yang ada di Sangihe ini, untuk mengembalikan Bahasa Daerah Sangihe ini adalah bahasa pengantar dalam aktifitas kita sehari-hari baik di rumah maupun sekolah. Kunci Gaghana. (js)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Jumat, 14 Desember 2018 ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional