Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau

Diminta Kepada Sangadi Segera Masukan Data Valid Desa, Rusmin: Ini Instruksi Bupati

Kadisdukcapil Boltim, Rusmin Mokoagow.

Boltim, detiKawanua.com - Data validisasi terkait dengan kependudukan yang diminta kepada setiap Kepala Desa (Sangadi-red) se-Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) melalui intruksi Bupati Boltim Sehan Salim Landhar SH, hingga kini baru 14 desa yang sudah memasukan data di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Boltim.

Hal tersebut seperti dituturkan Kepala Disdukcapail Boltim Rusmin Mokoagow, bahwa sampai hari ini pihaknya baru menerima data valid kependudukan dari 14 desa.

"Saat ini yang sudah memasukan data valid hanya 14 desa dari 80. Seharusnya, data tersebut sudah harus masuk sejak tanggal 31 Oktober 2018 dari semua desa mengenai data penduduk dan wajib KTP," ungkapnya.

Permintaan data dimaksud, sejak awal tahun saya sudah beberapa kali menyurat ke Sangadi sepertinya tak diindahkan. Jika diindahkan, maka jelas data validisasi penduduk per desa sudah barang tentu sudah valid.

"Dan data yang diminta per desa tersebut, ada intruksi langsung oleh Pak Bupati Nomor 10 Tahun 2018 tentang Pendataaan Penduduk dan Wajib KTP, agar segera dilaporkan ke Bupati melalui Disdukcapil. Sesuai instruksi, batas pemasukan data  31 Oktober. Sehingga, kita masih mempunyai rentan waktu menyelesaikan perekaman hingga 31 Desember nanti. Dan ternyata desa dinilai tidak memperhatikan intruksi Bupati," beber Rusmin kepada media ini.

Bulan November kemarin, kita melakukan perekaman selama 8 hari tepat di Modayag Barat. untuk rekam baru hampir 200 orang dan itu langsung dicetak. "5 hari di Modayag di kantor kecamatan, itu sekitar 100 lebih dilakukan perekaman," katanya, Rabu (5/12/2018).

Keempat belas desa yang sudah memasukan data valid sesuai intruksi Bupati di antarannya Desa Sumberedjo, Moyongkota Baru, Pinonobatuan, Nuangan Barat, Bai, Jiko, Jiko Utara, Atoga, Motongkad Tengah, Motongkad Selatan, Buyat Barat, Bulawan, Lanut dan desa Paret Timur.

"Jumlah jiwa se-Boltim untuk semester pertama yakni 86 Ribu lebih jiwa. Yang wajib KTP kita tunggu data valid dari seluruh desa-desa. Saya imbau kepada pihak desa yang belum memasukan data valid, supaya dipercepat. Sebab ini adalah intruksi pak Bupati," ucap Rusmin siang tadi.

(Fidh)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Rabu, 05 Desember 2018

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional