Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
PratinjauPratinjau

Bupati Minta Bahasa Daerah Terus Dilestarikan

Tahuna, detikawanua.com - Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME menghimbau warganya untuk terus mampu mengunakan bahasa daerah dalam percakapan sehari-hari. Pasalnya disejumlah daerah lain yang pariwisatanya sudah terkenal, bahasa daerah juga di ajarkan ke wisatawan, sehingga banyak warga asing yang mampu memahami setiap wilayah yang dikunjungi. Begitu juga warga pendatang ke sangihe harus diajarkan bahasa daerah sebagai bentuk kecintaan terhadap bumi tampungang lawo ini.

"Contohnya saja provinsi Bali yang terkenal dengan pariwisatanya sampai ke seluruh dunia. Wisatawan asing dan lokal sudah bisa berbahasa daerah,dan itu juga harus kita praktekkan di sangihe,"harap Bupati.

Lanjut dikatakannya, disetiap sekolah harus ada mata pelajaran bahasa daerah supaya generasi penerus dapat melanjutkan tradisi budaya yang telah ada sejak dulu. Selain itu ada berbagai terobosan agar warga pendatang bisa memahami bahasa daerah dengan cara memberi nama jalan, petunjuk arah dan lokasi wisata dengan bahasa daerah.

"Jika di setiap objek wisata,sekolah,pusat perbelanjaan dan lainnya ditulis dengan bahasa daerah,pasti keingintahuan pendatang akan arti bahasa sangat besar. Oleh karenanya marilah kita mulai dari sekarang,agar setiap warga pendatang tahu berbahasa sangihe,"pungkasnya sembari menyatakan program ini sudah akan dilaksanakan tahun depan dan semoga apa yang menjadi harapan seluruh masyarakat akan berkembangnya potensi wisata di sangihe dapat segera terwujud.(js)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Senin, 17 Desember 2018 ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional