Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau

SMP 1 Tutuyan Gelar Kegiatan MTQ Tingkat Pelajar SMP MTs

Kadisdikbud Boltim Yusri Damopolii saat membuka secara resmi kegiatan MTQ.

Boltim, detiKawanua.com - Sekolah Tingkat Pertama (SMP) 1 Kecamatan Tutuyan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), menggelar Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) tingkat SMP dan Madrasah Tsanawiah (MTs) bertempat di SMP 1 Tutuyan Desa Tombolikat, dibuka resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Boltim Yusri Damopolii.

Dalam sambutannya, Yusri mengatakan, bahwa kegiatan MTQ tingkat pelajar SMP MTs ini menjadi harapan implementasi dan inovasi sekolah yang perlu untuk direalisasikan serta ditingkatkan dari semua sekolah yang ada di Kabupaten Boltim. Sebab, ini kegiatannya sangat positif. Dengan tujuan, peningkatan pemahaman serta penghayatan kandungan Al-qur'an, meningkatkan ukhuwah islamiah antar sekolah yang ada di kecamatan Tutuyan dan Kotabunan.

"Juga ikut melestarikan seni budaya Islam di kalangan pelajar dan menyambungkan tali silaturrahim," terang Yusri, Rabu (14/11/2018) siang tadi.

Dia menambahkan, di sisi lain juga kegiatan dimaksud, dapat memaksimalkan meningkatkan pemahaman siswa terhadap pengetahuam agama. Olehnya, akan membentuk keimanan dan ketakwaan.

"Saya berharap, kegiatan seperti ini menjadi wadah bagi peserta-peserta  MTQ untuk siswa-siswi tingkat SMP MTs di seluruh Kabupaten Boltim yang perlu ditingkatkan ke depan nanti," harap Yusri.

Sementara, senada dikatakan Kepala Sekolah (Kepsek) SMP 1 Tutuyan Rafliton Peasu SPd menuturkan, supaya kegiatan ini lebih meningkatkan pemahaman, pengamalan isi Alquran, penigkatan syiar ukhuwah islamiah dengan SMP MTs guna budaya dan seni islami sesama pelajar dan silaturrahmi.

"Kita lakukan kegiatan MTQ, demi pengamalam kandungan Alquran, ukhuwah islamian antar siswa-siswa, seni budaya islami dan tali silaturahmi," tuturnya. 

Lanjut, Kepsek katakan, yang ikut serta dalam MTQ yakni SMP MTs di kecamatan Tutuyan, dan kecamatan Kotabunan. Dananya dari bantuan pemerintah untuk sekolah rujukan senilai Rp 5 juta. Kita memiliki jumlah siswa-siswi SMP 1 Tutuyan 164. Sedangkan guru berjumlah 19 orang, PNS 14 orang serta guru lainnya honor daerah.

"Ada 6 sekolah yang ikut,  SMP 1 Tutuyan, SMP 2 Tutuyan, MTs Tutuyan. SMP daerah Kotabunan, SMP 1 Kotabunan, MTs Kotabunan. ada 36 peserta. Dengan jenis kegiatan Musabaqah tartilil Qur'an adalah lomba tadarus Al-Qur'an dengan bacaan miratal (Jus 30), Musabaqah Hifzhil Qur'an jus 30,  surah al-a'la dan an-nas, Musabaqah Fahmil Qur'an tentang ilmu pengetahuan dan kehidupan sosial yang dikaitkan dengan isi kandungan Al-quran," ungkap Rafliton, dan turut diiyakan Ketua Panitia kegiatan Lukito Baluntu S.Pd kepada media ini.

(Fidh)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Rabu, 14 November 2018 , ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional