Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau

Lima Puskesmas Perjuangkan Akreditasi Tak Didukung Dinkes

Tahuna, detikawanua.com - Peningkatan dunia kesehatan merupakan program pemerintah pusat,provinsi sampai ke setiap daerah dengan memgakreditasikan setiap puskesmas yang tersebar di seluruh indonesia. Khusus bagi Kabupaten Kepulauan Sangihe sudah 7 puskesmas yang terakreditasi dan sekarang ini 5 puskesmas diantaranya lapango, marore, kendahe, dagho dan enemawira yang sedang dilakukan penilaian oleh Tim Survayer dari kementrian kesehatan.

Persiapan dilakukan hampir setahun ini dan yang sangat disesali dukungan dari Dinas Kesehatan Sangihe sangat minim dalam menopang semangat petugas puskesmas dalam mencapai predikat akreditasi. Padahal kebutuhan ATK dan konsumsi para petugas medis sudah di anggarkan di APBD 2018 ini sebanyak Rp 350 Juta,sedangkan yang diterima setiap puskesmas hanya Rp 4,5 Juta. Sehingga keluhan dari petugas medis timbul akibat jerih payah mereka tak di support oleh pihak Dinas Kesehatan Sangihe.

"Kami mempersiapkan agar setiap puskesmas boleh mendapat akreditasi sudah hampir setahun ini,pada akhir perjuangan segala kebutuhan terlambat disediakan oleh Dinkes. Seperti kertas dan dana untuk jamuan makan minum untuk Tim Surviyor yang hadir jika dihitung jauh dari anggaran yang tersedia,"ujar salah satu staf medis di puskesmas yang namanya enggan disebut saat ditemui sejumlah media Menurut hasil pantaun  saat Tim Surviyor hadir ke sangihe,pendampingan Kadis Kesehatan dr Jopi Tungjari juga tak maksimal.

Terlihat Kadis kesehatan dr Jopi Tungari  hanya hadir pada saat pembukaan acara penilaian dan sampai Tim pulang tak kunjung didampingi. Salah satu anggota Tim Surviyor dalam sambutannya mengatakan pelayanan yang dilakukan oleh pihak Dinas kesehatan jauh dari harapan. Sebab dibandingkan dengan Kabupaten/Kota lain yang setia mendengar dan mendampingi Tim Surviyor sampai selesai kegiatan.

"Sudah sewajarnya Dinkes mensupport setiap kegiatan yang positif seperti ini,tetapi kami juga dapat merasakannya baik dari transportasi sampai akomodasi juga jauh dari yang dirasakan Tim Surviyor Kabupaten/Kota lain,"beber Sirait salah saat menyampaikan sambutan dalam acara penilaian akreditasi.


Lanjut dikatakannya kinerja petugas puskesmas sudah sangat maksimal dalam mensukseskan akreditasi,alangkah baiknya lagi setiap kebutuhan puskesmas harus dipenuhi oleh Dinkes agar memperoleh hasil yang maksimal."Sinegritas antara instansi teknis dengan puskesmas harus jalan,dengan kebersamaan semua masalah pasti akan cepat selesai dan memperoleh hasil sesuai harapan,"pungkas mantan salah satu Dirjen di Kementrian kesehatan ini. (js)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Kamis, 29 November 2018 ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional