Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau

Akhir November, IAIN Manado Gelar Penelitian Berbasis Pengabdian yang Libatkan Ratusan Peserta

Flyer kegiatan Training Teori dan Praktik Penelitian Berbasis Pengabdian. /ist

Manado, detiKawanua.com - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado siap menggelar Training Teori dan Praktik Penelitian Berbasis Pengabdian pada Jumat (30/11/2018) nanti.

Menurut Rektor IAIN Manado Rukmina Gonibala melalui Ketua Panitia Pelaksana Rahman Mantu MHum, pelatihan selama 3 hari tersebut, didesain dalam bentuk teori dan praktik yang melibatkan berbagai pihak, di antaranya dosen, mahasiswa, pemerintah setempat dan pedagang makanan di jalur ringroad Manado yang menjadi subjek kegiatan praktik penelitian berbasis pengabdian.

Menurutnya, kegiatan akan dibuat dalam dua sesi. Pertama, model training yang akan melibatkan sebanyak 120 peserta yang terdiri dari dosen, mahasiswa IAIN Manado dan undangan. Training akan difasilitasi oleh 2 orang narasumber untuk membekali peserta membuat konsep atau program pengabdian masyarakat berbasis penelitian sampai pada praktik di lapangan.

"Selanjutnya sesi kedua yakni praktik lapangan, dalam sesi ini akan melibatkan sebanyak 30 orang yang terdiri dari 2 orang fasilitator/pemateri, 4 panitia dan 24 peserta yang dibagi dalam 2 kelompok masing-masing satu kelompok 12 orang. Praktik lapangan adalah tindak lanjut dari training sehari sebelumnya, masing-masing kelompok bertugas untuk melakukan pengumpulan data menggunakan teknik indepth interview, Dokumentasi, FGD (Focus Group Discussion) terhadap 24 pedagang makanan sebagai informan dalam penelitian," papar Rahman.

Suasana Rapat Finalisasi Persiapan Kegiatan. /ist

"Pada hari ketiga serangkaian kegiatan ini akan ditutup dengan kegiatan training menulis artikel ilmiah berbasis data pengabdian," tambahnya, via rilis yang diterima media ini.

Dijelaskan lebih lanjut, kegiatan ini merupakan implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya dharma pengabidan dan penelitian. Saat ini kami tengah melakukan finalisasi persiapan kegiatan tersebut.

"Dalam kegiatan ini, civitas kampus bisa sekaligus melakukan penelitian untuk mengetahui secara menyeluruh tentang kompleksitas masalah di masyarakat, sekaligus melalui penelitian sebagai bahan untuk melakukan advokasi atau acuan untuk mencari solusi bersama dengan masyarakat," terang alumni IAIN Manado ini.

"Secara praktis, hasil pengabdian berbasis penelitian bisa dijadikan artikel ilmiah oleh civitas kampus yang menjalankan aktivitas ini," pungkasnya.

(Indra)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Selasa, 27 November 2018 , , , ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional