Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau

Hari Ini Pasar Pondabo Tutuyan Mulai Dioperasikan, Pedagang Mulai Berjualan

Kadisperindagkop-UKM Boltim Ramlah Mokodompis di tengah para pedagang Pasar Pondabo Tutuyan. 

Boltim, detiKawanua.com - Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi (Dispendagkop) UKM Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), hari ini melakukan pemindahan para pedagang ke Pasar Pondabo Tutuyan.

Sejumlah pedagang yang awalnya berjualan di ruas jalan Trans Boltim Tutuyan tersebut, kata Kepala Disperindagkop UKM Boltim, Ramlah Mokodompis sudah dipindahkan ke pasar Pondabo. 

"Kita sudah sediakan fasilitas serta bangunan pasar guna pendukung aktifitas puluhan pedagang sembako serta penjual ikan dan pedagang barang-barang kebutuhan lainnya," ungkap Dia.

Katanya, di antara fasilitas pasar disediakan oleh pemerintah bagi pedagang yakni berupa kios, lapak, listrik, serta air bersih. "Untuk kios pedagang 30 unit. Sedangkan, lapak ada 3 untuk penjual ikan. hampir semuanya pedagang lokal. Kita rencanakan, dibuat jadwal hari Rabu untuk hari pasar keliling bagi siapapun," kata Ramlah, Senjn (19/11/2018).

Lanjutnya, saat ini sekitar 50 pedagang yang sudah aktif berjualan. Sebelumnya Saya menyurat kepada seluruh pedagang, bahwa Senin tanggal 19 November 2018 pedagang harus pindah ke pasar yang sudah siap dioperasikan. "Iya saya menyurat ke pedagang. Dan akhirnya mereka mengindahkan. Ada 50 pedagang baik dari Tutuyan, lainnya dari Kotabunan," ujarnya, siang tadi.

Selain itu, Ramlah menambahkan, bahwa sekitar setahun pasar dimaksud, belum ada retribusi pasar. Pun begitu, pihaknya akan lakukan pantauan terkait peningkatan pendapatan pedagang pada perkembangan pasar. "Kita rencanakan lampu penerang jalan menuju pasar, serta paving blok di depan kios tempat parkir kendaraan pada tahun depan. Kita upayakan pengembangan pasar, walaupun  pasar tergantung masyarakat (pedagang/pembeli) yang datang di pasar," jelasnya.

Sementara, salah-satu pedagang sembako menuturkan, biasanya kami dapat untung ratusan ribu per hari saat masih berjualan di pinggir jalan. Mudah-mudahan dengan fasilitas pasar Pondabo yang disediakan pemerintah ini, akan membawa berkah bagi kami pedagang. "Iya, hari ini sudah mulai berjualan disini. Walaupun, kami belum tahu pasti berapa keuntungan jualan, yang tergantung pembeli. Kami bersyukur dapat fasilitas dari pemerintah untuk berjualan di sini," kata pedagang yang namanya enggan dipublis, yang turut diiyakan pedagang lainnya.

(Fidh)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Senin, 19 November 2018 ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional