Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau

Gempa Guncang Sangihe 5,3 SR, Tepi Pantai Apes Anjlok Sepanjang 75 Meter

Tahuna, detikawanua.com - Gempa bumi yang melanda Kabupaten Kepulauan sangihe pada selasa (7/11) sekira pukul 10.00 Wita memiliki dampak tersendiri bagi alam dan masyarakatnya. Gempa bumi berkekuatan 5,3 Skala Richter (SR) sempat membuat semua masyarakat panik dan lari ketakukan keluar rumah, kantor maupun pusat perbelanjaan. 

Akibat insiden ini, ditemukan longsoran di tepi pantai kelurahan Apeng Sembeka sepanjang sekitar 75 merer sedalam 5 sampai 7 meter,dan terdapat rusak ringan dibeberapa bangunan di Kota Tahuna. 

Hal ini dibenarkan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sangihe Revolius Pudihang. Dia mengatakan, berdasarkan dampak gempa tidak ada korban jiwa namun, beberapa gedung di Kota Tahuna mengalami rusak ringan. Anak-anak sekolah dipulangkan ke rumah masing-masing. Namun gempa tersebut tidak berpotensi tsunami dan tak ada gempa susulan.

"Pasca gempa kekuatan 5.3 SR, 6 November 2018 pukul 09:09:51 WIB selama 3 detik, ada fenomena alam yang sempat menjadi tontonan masyarakat yakni longsoran ditepi pantai sepanjang sekitar 7 meter kedalaman di Boulevard tahuna dan ini masih dipantau dampak dan penyebab longsor dimaksud,”ungkap Pudihang.  

Bupati Jabes Ezar Gaghana SE ME saat memantau lokasi binir pantai yang anjlok mengimbau kepada masyarakat Sangihe agar tidak panik dan tidak menyebarkan issu yang meresahkan.“Berdasarkan data dari BMKG, gempa ini tidak berpotensi tsunami. Jadi masyarakat diharapkan tetap berdoa agar Kabupaten Sangihe dijauhkan tetap dalam lindungan Tuhan,”pungkas orang nomor satu dibumi tampungang lawo.(js)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Rabu, 07 November 2018 , ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional