Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau

2019 Pemdes Kayumoyondi Bakal Bangun TPA Mini, Sangadi Minta Kerjasama Instansi Terkait

Masrianto Patra, Sangadi Desa Kayumoyondi.

Boltim, detiKawanua.com - Guna menjaga kebersihan sampah serta kesadaran warga akan lingkungan sekitar, maka Pemerintah Desa (Pemdes) Kayumoyondi, Kecamatan Tutuyan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), berencana melakukan pembangunan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) mini 2019 mendatang.

Kepala desa (Sangadi-red) Kayumoyondi, Masrianto Patra  saat bersua awak media mengatakan, ada sejumlah prioritas program kerja Pemdes di tahun 2019 yang berkaitan dengan pembangunan desa diataranya, pembuatan atau pembangunan TPA mini. Hal ini kita lakukan guna kebersihan lingkungan, terlebih kesadaran warga akan dampak dari sampah.

"Iya, tahun depan Pemdes bakal buat TPA mini untuk bagaimana, agar sampah-sampah yang ada di lingkungan kita dibuang pada tempatnya. Karena, jika berserakan sampah di mana-mana bisa dipastikan akan membawa dampak penyakit, yang pada akhirnya juga kita yang merasakan. Kesadaran akan lingkungan yang bersih dimulai dari diri kita dan diimplementasikan melalui program kerja di desa. Kapan, dan siapa lagi berbuat jika kita tidak mulai dari sekarang. Lingkungan bersih sangat penting demi kesehatan kita bersama," jelas Sangadi, yang turut diiyakan oleh Sekretaris Desa-nya.

Lanjut Sangadi katakan, pihak Pemdes sudah menyediakan lahan sekitar setengah Hektare (Ha) pembangunan TPA mini dengan jarak sekira 1 kilometer dari desa.

"Kita sediakan lahan kurang lebih setengah hektare. kita  anggarkan dari Dana Desa (DD) sekitar Rp 80 juta untuk TPA mini. Saya berharap ada kerjasama atau perhatian dari instansi terkait yaitu DLH Boltim, soal kajian teknis mengenai lingkungan guna pembanguan TPA mini dimaksud," ungkap Masrianto, yang baru dilantik menjadi Sangadi pada Senin (12/11/2019) kemarin, yang sebelumnya juga mantan Sangadi desa setempat

Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Boltim, Sjukri Tawil ketika dikonfirmasi soal pembangunan TPA mini di desa Kayumoyondi menuturkan, pihaknya sangat merespon apa yang menjadi program Pemdes tentang TPA. Kita akan duduk bersama melakukan kajian teknis dengan Kepala Desa.

"Dalam waktu dekat, bersama DLH Boltim kita lakukan kajian secara teknis dengan Sangadi. Sebab, harus tertata dalam rencana tata ruang wilayah. Saya mensuport program Pemdes yang akan membangun TPA mini. Ini sangat positif karena berkaitan dengan lingkungan," jelas Sjukri, Selasa (13/11) kemarin.

(Fidh)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Rabu, 14 November 2018 ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional