Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau

Selain Pimpin Prosesi Pemakaman, Pangdam Aritonang Pastikan Langsung Pelayanan dan Kondisi Korban

Manado, detiKawanua.com - Informasi pasca bencana gempa dan tsunami di Palu-Donggala Provinsi Sulawesi Tengah terus di update seperti yang diinformasikan Wakapendam XIII, Letkol Inf. Vipy Amuranto kepada detiKawanua.com, Kamis (04/10) siang tadi mengungkapkan, oleh Pangdam XIII Merdeka Mayjen TNI. Tiopan Aritonang, telah memimpin prosesi pemakaman massal korban bencana alam tersebut di TPU Paboya Indah, Palu.

"Hari ke 4 (pasca bencana) itu hanya 72 jenazah, tapi pada sekarang ini sudah bertambah yang dimakamkan secara massal," terangnya.

Selain itu menurut Vipy kehadiran Pangdam tersebut juga memberikan penguatan semangat dan melakukan pengecekan kondisi kesehatan bagi para korban.

"Pak Pangdam juga melakukan pengecekan langsung dibeberapa lokasi tempat pengungsian untuk lebih memastikan para korban mendapat pelayanan yang baik dari prajurit seperti pelayanan makanan dan minum, dan kesehatan," ungkapnya, sembari menambahkan bahwa melalui prajurit Yonif 713 dan 714 Kodam bekerja keras dengan Basarnas dalam melakukan proses evakuasi korban yang terjebak di dalam reruntuhan bangunan terutama di Perumnas Balaroa.

Sementara itu sebelumnya juga, Kapendam XIII/Mdk Kol. Inf. Muh. Thohir dalam keteranganya mengatakan bahwa Kodam XIII/Mdk terus bergerak cepat seperti langsung mengirimkan sebanyak 550 Pers dan tenaga medis yang di pimpin langsung Pangdam XIII/Mdk.

"Selain mengirimkan personel, Kodam/Mdk, juga langsung membuka Posko Kemanusiaan di Makodam, untuk menggalang dan menghimpun bantuan dari Instansi Militer jajaran Kodam, organisasi keagamaan, organisi kemasyarakatan, perusahaan dan perorangan yang dengan ketulusan ingin berbagi secara sukalera dengan saudara-saudara kita yang tertimpa bencana di Palu, Sigi dan Donggala," terang Kapendam.

Menurutnya Aksi kemanusiaan penggalangan bantuan yang dilaksanakan Kodam merupakan wujud kepedulian Pimpinan Kodam atas penderitaan saudara-saudara kita yang di Palu, Sigi dan Donggala. Kami berharap rasa kebersamaan kita, rasa kepedulian kita dan rasa persaudaraan kita tergerak untuk dapat membantu dan kami Kodam siap untuk memfasilitasi pengirimannya.

Diketahui tercatat sumbangan yang sudah di terima dan terkirim ke Palu menggunakan pesawat Herkules TNI AU diantaranya, Air mineral sabanyak 5 Ton, 2 Truk  berupa Sembako, Obat-obatan, Pakaian, Peralatan Penerangan (senter & petromak).

(IsJo)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Kamis, 04 Oktober 2018 , , ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional