Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Advertise with Anonymous Ads

Sejumlah Pejabat Pemprov Sulut Terancam Temuan Inspektorat Dan Serapan Anggaran


Manado, detiKawanua.com - Jika ada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkup Pemprov Sulut yang tidak menyelesaikan temuan dari Inspektorat akan segera dimutasi atau dirolling dalam jabatannya. Demikian ditegaskan Wakil Gubernur Sulut, Steven Kandouw saat diwawancarai wartawan di Kantor Gubernur, Senin (22/10) siang tadi.

Menurutnya bahwa, kedua hal tersebut (temuan dan serapan anggaran rendah) itu menjadi salah satu indikator penilaian dari Gubernur Sulut (Olly Dondokambey) itu berlaku merata bagi para pejabat eselon II baik masih aktiv (ada jabatan kepala SKPD) dalam kabinet kerja OD-SK maupun yang tidak ada jabatan.

"Pokoknya jika perangkat daerah tak mampu menyerap anggaran dan tak mampu membayar temuan akan segera dirolling," tegas Kandouw, sembari menjawab pertanyaan wartawan tentang kapan pelaksanaan rolling jabatan, ia pun singkat memperkirakan dilaksanakan dalam waktu dekat ini.

Disisi lain Wagub juga menyampaikan amanat Gubernur bahwa menargetkan secara keseluruhan haruslah mengantongi opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI yang penilaian walaupun dari segi pemeriksaan baik namun penyelesaian tidak bagus, hal itu juga memepengaruhi opini pada nantinya.

"Ada temuan sekitar sebelasan SKPD, dan untuk penyerapan anggaran Pemprov Sulut hingga terakhir ini sudah 54 persen, tinggal bagi 30 persen sisanya administrasi pencairan. Namun, saya optimis untuk tahun 2018 ini bisa 95 atau 96 persen bahkan lebih jika semua berjalan dengan baik karena salah satu fungsi belanja pemerintah bagi pertumbuhan ekonomi," terangnya.

Adapun diketahui dari hasil EPRA, tercatat salah satu dinas yakni Dinas Infokom Sulut penyerapan anggaranya paling di bawah atau rendah disebabkan terlalu berhati-hati dalam mencairkan anggarannya.

"Terlalu hati-hati dan dia (Infokom) tidak gampang mencairkan. Menurut saya disisi lain itu bagus, tapi untuk pertumbuhan ekonomi masih payah, mestinya asalkan kerjanya bagus kenapa harus takut dicairkan,” tandas Wagub.

(IsJo/*)

Di Postkan Oleh Infodetikawanua | Senin, 22 Oktober 2018 ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional