Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
PratinjauPratinjau

PKM Unsrat Gelar Pelatihan Peningkatan Guru SMP di Minut

Foto bersama usai pelatihan. 

Minut, detiKawanua.com - Perkembangan yang pesat instrumen komputer dan internet telah membuat perubahan revolusioner dalam berbagai hal termasuk pada pengelolaan pembelajaran.

Karena itu, tim Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado melakukan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Peningkatan Kapasitas Guru SMP Negeri 1 dan SMP Negeri 2 Kauditan Kabupaten Minahasa Utara dalam Pembelajaran IPA Berbasis Information And Communications Technology, Jumat (21/9/2018) lalu.

"Sistem pembelajaran konvensional di sekolah yang berbasis buku dan papan tulis mulai digantikan oleh kekuatan informasi dan pengetahuan yang dapat diakses serta disajikan secara cepat, mudah, dan menarik melalui teknologi informasi dan komunikasi (Information and Communication Technology atau ICT)," ujar Dr Gerald Tamuntuan SSi MSi selaku Ketua Tim PKM Unsrat didampingi Anggota Tim Pelaksana Guntur Pasau SSi MSi.

Menurutnya, kemajuan berbasis ICT menuntut antara lain para pendidik, misalnya guru, untuk melakukan proses pembelajaran berbasis ICT.

"Kondisi materi ajar yang kurang memuat informasi terkini, bentuk penyajian yang kurang menarik, serta materi yang relatif sulit dipahami oleh para siswa, merupakan contoh dari hal-hal yang muncul akibat sistem pembelajaran yang konvensional," terangnya. 

Kegiatan melibatkan lima orang dosen, masing-masing dari Jurusan Fisika dan Kimia FMIPA Universitas Sam Ratulangi, beberapa orang mahasiswa, serta peserta yaitu sejumlah guru dan siswa dari SMPN 1 dan SMPN 2 Kauditan. 

"Hasil yang diharapkan adalah terbentuknya kemampuan membangun pembelajaran berbasis ICT bagi para guru IPA di sekolah mitra dalam menyusun dan menyajikan mata pelajaran IPA yang lebih berbobot, kaya informasi dan implementasi, serta menarik dalam penyajian," pungkasnya. ***

(Indra

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Minggu, 14 Oktober 2018 , , ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional