Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau

Kirim Bantuan Ke Palu, Gubernur Olly: Bantuan Uang 1 Miliar Harus Lewat Rekening

Manado, detiKawanua.com - Sebanyak 35 anggota gabungan Taruna Siaga Bencana (Tagana) dan staf ASN Dinas Sosial (Dinsos) beserta tim Kesehatan Pemprov Sulut yang siap bertugas ke Provinsi Sulawesi Tengah (Palu-Donggala) guna melakukan misi kemanusiaan membantu para korban bencana alam gempa dan tsunami, pada Senin (01/10) siang tadi tepatnya di Lobi Kantor Gubernur telah dilepas langsung Gubernur, Olly Dondokambey sekaligus menyerahkan bantuan baik dalam bentuk barang maupun uang sejumlah Rp 1 Miliar (yang nanti ditransfer melalui rekening).

Dalam sambutannya Gubernur, selaku Pemerintah Provinsi Sulut mengungkapkan rasa bela sungkawa berduka sedalam-dalamnya bagi para korban bencana dan berharap semua permasaalahan cepat teratasi.

"Terima kasih atas kepedulian memberikan bantuan bersama ini yang juga ada dari pihak termasuk JIPS (Jurnalis Independen Pemprov Sulut/wartawan yang melakukan peliputan di Pemprov Sulut) yang telah menyalurkan bantuannya. Saya berharap seluruh masyarakat Sulut juga bisa menyalurkan bantuannya kepada saudara-saudara kita yang terkena musibah dengan saling membantu akan mempermudah semua masalah," terang Olly, sembari mengungkapkan pada hari Rabu mendatang akan ada pengiriman barang melalui jalur udara seberat 15 ton.

"Kalau bantuan uang (Rp 1 Miliar) itu berasal dari APBD bukan uang pribadi dari gubernur dan harus ditransfer, jangan dibawa (melalui jalur darat) ini menjaga dari hal-hal yang tidak diinginkan," tandasnya yang saat itu didampingi Wakil Gubernur Sulut, Steven Kandouw, Sekertaris Provinsi, Edwin Silangen beserta jajaran pejabat eselon II lainnya.

Adapun sebelumnya, melalui Kepala Dinas Sosial Sulut, Rinny Tamuntuan telah menyampaikan laporan selain 35 peraonil juga bantuan-bantuan yang akan dikirimkan ke Palu-Donggala seperti:
- 1 unit mobil rescue taktis
- 1 unit mobil dapur umum lapangan lengkap dengan perlengkapan di dalamnya.
- 1 unit truk serbaguna
- 2 unit Genset
- 2 unit Tenda serbaguna keluarga
- 18 velbed
- 3 tabung gas uk 12 kg
- 1 set peralatan jaringan listrik.

Adapun d lokasi bencana nanti 35 orang itu akan bertugas kerja untuk melayani pemenuhan kebutuhan dasar pengungsi, melakukan pendampingan dan layanan dukungan psikososial, melakukan perlindungan sosial pada kelompok-kelompok rentan yaitu lansia, anak-anak, ibu hamil dan penyandang disabilitas, melakukan evakuasi korban apabila dibutuhkan oleh instansi terkait. Dimana pada sebelumnya oleh Dinsos Sulut juga telah menerima bantuan dari Kementerian Sosial RI yaitu 2 unit mobil Rescue Taktis dan mobil truk serbaguna. Sebagaimana juga sebelumnya oleh Pemprov Sulut telah menyalurkan bantuan seperti:
- Beras 1,05 ton
- Supermie 110 dos
- Gula 50 kg
- Susu kaleng 4 dos
- Minyak kelapa 15 dos
- Paket lauk pauk 264 paket
- Selimut 50 potong
- Terpal 33 lembar
- Paket sandang 150 paket
- Telur ayam 20 baki
- Air mineral 20 dos
- Sayur-sayuran
- BBM Pertalite 55 liter
- BBM Solar 100 liter.

(IsJo)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Senin, 01 Oktober 2018

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional