Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau

Gaghana Serahkan Bantuan Kelompok Nelayan Dan Buka Sentra Kuliner

Tahuna, detiKawanua.com - Dua agenda kegiatan yang dihadiri Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME, sekaligus menyerahkan secara simbolis bantuan bagi kelompok nelayan berupa perahu pambout, alat tangkap, coolbox   Selasa (30/10/2018), giat yang dilaksanakan oleh DKP di Sentra Kuliner Tahuna, Kelurahan Apesembeka Kecamatan Tahuna.
  
Penyerahan bantuan ini diperuntukan bagi kelompok nelayan. Kelompok nelayan Tahuna Timur, Tahuna Barat, Tahuna, Tamako, Manganitu, Tabukan Utara, Nustab, Marore dan Tabukan Selatan, dengan jumlah kelompok nelayan sebanyak 36.

Gaghana dalam sambutanya mengatakan, ada dua agenda yang kita laksanakan di Sentra Kuliner yaituh penyerahan sejumlah bantuan untuk kelompok nalayan dan dibukanya Sentra Kuliner. Ini sudah dimanfaatkan pergunakan sebaik mungkin, dengan dibukanya sentra kuliner maka secara langsung warga memiliki nilai tamba dalam hal ekonomi.

Lanjutnya, dengan lokasi yang strategis ini maka pedagang ada tempat berjualan, ada tempat berkumpul, dan tentunya sudah ada yang disediakan berbagai makanan dan minuman.

"Apalagi kalau sore-sore, siang atau malam bisa bersantai bersama keluarga, rekanan pelaku ekonomi. Jika kita mengunakan tempat ini dengan baik hal ini juga memberikan semangat bagi pelaku usaha, di prioritaskan untuk menyajikan makanan lokal," ujar Gaghana.

Tamba,, kegiatan yang berlangsung di sentra kuliner tentunya merupakan bagian dari pemberdayaan ekonomi masyarakat, supaya bahan baku makanan dibeli oleh masyarakat lokal.

"Dan tempat-tempat representatif ini dapat dimanfaatkan di sentra kuliner. Jangan saat jam kantor  namun jam istirahat dan usai kantor," tandasnya.

Gaghana juga menyampaikan agenda kedua yakni penyerahan bantuan berupa perahu pambout dan kelengkapannya bagi kelompok nelayan, ini untuk memenuhi permintaan nelayan dan tepat sasaran berharap pambout bisa memperkuat basis peningkatan tangkapan ikan laut.

"Hal ini tak lepas dari perhatian pemerinta pusat dalam hal ini mentri perikanan dan kelautan serta diperkuat dengan memberantas illegal fishing," kunci Gahgana (js) 

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Selasa, 30 Oktober 2018 ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional