Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau

Dinas Pertanian Boltim Lakukan Pengadaan Ternak Itik dan Kambing serta Pemaksinan

Setiono, Kepala Dinas Pertanian Bolaang Mongondow Timur. 

Boltim, detiKawanua.com - Dinas Pertanian Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), tahun ini mempunyai program untuk pengadaan ternak kepada kelompok peternak.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pertanian Boltim Setiono, bahwa adanya pengadaan ternak pada tahun 2018 ini di ataranya, ternak Kambing dan Itik. "Anggarannya APBD, guna pengadaan ternak Kambing dan Itik untuk kelompok ternak," ujarnya.

Untuk pengadaan Itik ada sekitar 250 ekor, kambing 50 ekor kepada sejumlah kelompok, yakni 5 kelompok ternak Kambing dan kelompok ternak Itik juga ada 5. "Ternak Itik 50 ekor per kelompok. Dan ternak kambing per kelompok sekitar 10 sampai 15 ekor," terang Setiono, di ruang kerjanya.

Di samping soal program pengadaan ternak tersebut, Dirinya juga menuturkan dalam waktu dekat pihaknya akan lakukan penanganan penyakit menular untuk ternak, baik rabies maupun flu burung.

"Di bulan April hingga Juli lalu, kita sudah turun bersama tim untuk menanganinya. Dan hasil diagnosanya positif. Tetapi semua sudah teratasi. Namun begitu, bulan ini kita kembali melakukan penanganan penyakit ternak," kata Dia.

Untuk obat-obatan vaksin, katanya, itu masih ada. Juga kita lakukan vaksin sebelum ada penyakit menyerang ternak. Karena, di Boltim baru dalam minggu ini curah hujan turun, setelah sekian bulan mengalami musim kemarau. Nah kemungkinan perubahan cuaca ini dinilai membawa penyakit atau virus yang bisa menyerang ternak.

"Kita masih tersedia 2500 dosis vaksin Newcasastle Deasies/Avian Influaenza (ND/AI) flu burung. Di bulan Juli kemarin, vaksin ini kita sudah salurkan 5000 dosis untuk pencegahan flu burung di hampir semua kecamatan. Kita akan data jenis ternak seperti ayam dan itik guna pemaksinan dalam waktu dekat ini" ucap Setiono, Senin (22/10) siang tadi.

(Fidh)

Di Postkan Oleh Infodetikawanua | Senin, 22 Oktober 2018 ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional