Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau

BPBD Sulut Kantongi Sekitar 5 Ton Bantuan Bencana Palu Donggala Siap Disalurkan

Manado, detiKawanua.com - Masuki hari ke tiga (Rabu, 03/10) hari ini oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulut selaku instansi terkait penanganan pengumpulan bantuan untuk korban bencana gempa dan tsunami di Daerah Palu-Donggala Provinsi Sulawesi Tengah, sudah mencapai hampir 50 ton bahan dasar kebutuhan para korban yang disumbangkan instansi/SKPD lingkup Pemprov Sulut serta dari pihak sekolah-sekolah (SMK/SMA) dan swasta. Hal tersebut diakui Kepala BBPD Sulut, Joi Oroh melalui Kabid Kedaruratan dan Logiatik, John Wungow.

"Jadi bantuan kebutuhan dasar yang terkumpul inj terdiri makanan siap saji, minuman air mineral, obat-obatan, sandang pangan, perlengkapan bayi, selimut/kain sarung, pakaian, hingga perlengkapan dapur," terangnya kepada wartawan.

Sementara itu untuk jadwal penyalurannya menurut Wungouw, setelah pada hari ini (Rabu) hingga malam nanti batas pengumpulan bantuan untuk SKPD Lingkup Pemprov Sulut, sesuai rencana akan disalurkan pada Kamis (04/10) besok, namun hal itu masih menunggu petunjuk dari Gubernur Sulut (Olly Dondokambey.

"Karena kalau bantuannya mencukupi muatan dalam pesawat Hercules akan langsung diterbangkan. Namun, kalau berlebihan (bahan bantuannya) itu akan diangkut melalui jalur laut dengan kapal," ungkapnya.

Namun disamping itu kata Wungouw untuk batas peengumpukan bantuan bencana di posko penyaluran BPBD Sulut masih terus dibuka untuk umun seperti kalangan masyarakat baik kelompok maupun perorangan bahkan bagi Pemda Kabupaten Kota yang ingin menyerahkan bantuannya lewat BPBD Sulut.

"Seperti kemarin itu dari Pemkab Bolmong yang menyumbang sebanyak 3 truk. Jadi memang ini terbuka bagi semua pihak," ujarnya, sembari mengatakan untuk bantuan dari pihak BPBD Sulut sendiri sudah didahulukan pada hari Minggu kemarin berupa kebutuhan dasar yang diambil dari gudang BPBD Sulut.

(IsJo)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Rabu, 03 Oktober 2018

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional