Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau

World Clean Up Day Wujudkan Pati Bebas Sampah

Pati, detiKawanua.com - Bupati Pati H. Haryanto S.H., M.M., M.Si., didampingi Wakil Bupati H. Saiful Arifin, Sekda Pati beserta Jajaran Forkompimda Pati meninjau sekaligus melakukan kerja bakti membersihkan sampah di seputaran pasar tradisional Puri Pati, Sabtu (15/09).

Kegiatan tersebut, juga melibatkan tim dari Dinas Pekerjaan Umum (DPU), satu pleton anggota Kodim 0718/Pati, satu pleton anggota Polres Pati serta dibantu oleh unsur relawan se-Kabupaten Pati, siswa-siswi SMP/SMA  hingga warga setempat.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Pati Haryanto mengungkapkan bahwa pasar tradisional Puri merupakan tolok ukur kebersihan Kota Pati. Karena letak pasar Puri berada dilingkungan perkotaan. Juga salah satu faktor penting untuk menunjukkan bahwa kota Pati mendukung tahun 2020 akan bebas dari sampah.

Berdasarkan hasil tinjauan yang dilakukan pagi itu, Bupati menyampaikan jika kondisi lingkungan pasar cukup memprihatinkan dengan adanya tumpukan sampah yang ada di sepanjang lorong-lorong penjual di luar maupun di dalam pasar.

"Timbunan sampah yang ada di lokasi tersebut cukup banyak dan diperkirakan belum dibersihkan," terang Bupati.

Oleh karena itu, Bupati akan melakukan beberapa langkah penanganan yakni dengan mensosialisasikan kembali Perda Kabupaten Pati tentang sampah.

"Dengan membuat Perbup tentang sampah sebagai tindak lanjut Perda tentang sampah dan memberikan tanda atau tulisan di beberapa titik terkait larangan pembuangan sampah sembarangan, serta memperketat pengawasan dlingkungan pasar," pungkasnya.

Sementara Wakil Bupati Pati menambahkan, ke depanya Pemkab Pati akan melakukan hal serupa pada setiap kesempatan di seluruh kecamatan hingga akhir tahun ini.

"Melakukan pembinaan pada titik yang dinilai sebagai lokasi krusial permasalahan, dengan melibatkan Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Pati dan Dinas Kesehatan Kabupaten Pati," terang Saiful Arifin. (sol/wn).

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Sabtu, 15 September 2018 ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional