Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau

Wakil Bupati Boltim Buka Kegiatan Bursa Inovasi Desa

Wabup Rusdi Gumalangit saat membuka Bursa Inovasi Desa.

Boltim, detiKawanua.com - Wakil Bupati (Wabup) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Drs Rusdi Gumalangit pada Kamis (27/09), membuka secara resmi kegiatan Bursa Inovasi Desa Boltim 2018. 

Wabup katakan dalam sambutannya, bahwa Bursa Inovasi desa merupakan forum penyebaran dan pertukaran inisiatif, atau inovasi yang berkembang di setiap desa. Tujuannya, untuk mendiseminasikan informasi pokok terkait Porgram Inovasi Desa (PID).

"Dengan inovasi desa, penggunaan Dana Desa (Dandes) bisa efektif dan efisian, serta kegiatan yang dilaksanakan bisa dirasakan langsung oleh masyarakat dan tepat sasaran," ujar Rusdi.

Bursa Inovasi Desa, kata Wabup, memiliki arti penting bagi Pemerintah desa (Pemdes). Dengan program ini, masyarakat bisa dengan leluasa menyalurkan bakat maupun keterampilan serta ide-ide cemerlang dalam berinovasi.


"Di samping itu, sasaran utama Bursa Inovasi Desa ini untuk mendorong produktivitas dan pertumbuhan ekonomi pedesaan, serta membangun kapasitas desa yang berkelanjutan, demi meningkatkan kesejahteraan sosial ekonomi masyarakat dan kemandirian desa," kata Wabup Rusdi menjelaskan

Melalui momen ini, Dirinya juga menegaskan kepada seluruh Camat, Kepala deaa (Sangadi-red), BPD, lembaga adat serta seluruh perangkat, untuk segera memasukkan RKPDes tahun 2019, mempersiapkan RAPBD tahun anggaran 2019, melaporkan realisasi penggunaan DD dan ADD tahap II, serta mengajukan permohonan penggunaan DD dan ADD tahap III.

"Selanjutnya, Saya juga berharap kepada seluruh pemangku kepentingan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa, untuk senantiasa bahu-membahu mewujudkan desa maju mandiri lewat inovasi," pungkasnya.

Diketahui, kegiatan ini terselenggara lewat kerjasama antara Dinas PMD dan para tenaga Ahli lewat Program Inovasi Desa (PID).

(Fidh)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Kamis, 27 September 2018

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional