Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau

Sampah Laut Bisa Ancam Perekonomian, Kesehatan Ibu Dan Bayi, Gubernur Ingatkan Bahayanya

Manado, detiKawanua.com - Secara tegas Gubernur Sulut, Olly Dondokambey mengingatkan kepada seluruh masyarakat Sulawesi Utara agar sedari dini sadar dan menghentikan kebiasaan buruk membuang sampah ke laut, yang nantinya dampak bahayanya tidak berlanjut kepada generasi penerus.

"Banyak kerugian jika masyarakat masih saja membuang sampah sembarangan ke laut, terlebih jika itu adalah sampah plasik. Hal tersebut sangat berbahaya karena jika sampah dimakan ikan, kemudian ikan tersebut dikonsumsi oleh manusia terutama bagi ibu-ibu hamil, itu dampaknya sangat membahayakan terutama pada bayi yang berada dalam kandungan," terang Gubernur dalam sambutannya pada kegiatan Lomba Sapu Laut Dan Bersih Sampah Pulau Bunaken, dalam rangka menyambut HUT Provinsi Sulut ke-54, di Pantai Liang Bunaken, Jumat (7/9).

Selain itu kata Gubernur, jika laut bersih otomatis ekosistem yang ada di laut akan terjaga dengan baik, terlebih di seputaran perairan Pulau Bunaken yang merupakan ikon wisata andalan Sulut dengan taman laut yang indah.

"Sangat disayangkan jika seputaran perairan Bunaken masih ditemukan sampah akan berdampak buruk yang besar hingga kehidupan ekonomi masyarakat juga," ungkapnya.

Untuk itu Gubernur mengharapkan kesadaran penuh dari masyarakat Sulut agar tidak membuang sampah sembarangan, terutama kebiasaan membuang sampah di daerah sungai, karena ujungnya sampah itu akan menuju laut.

"Saya ajak kepada pemerintah kabupaten kota untuk terus memberikan pencerahan dan pendidikan kepada masyarakat tentang bahaya dan tidak membuang sampah sembarangan. Jika lingkungan bersih maka akan tercipta kehidupan sehat," tandas Gubernur.

Senada itu Gubernur, Kepala Zona Maritim Tengah Bakamla-RI Brigjen Pol Bastomy Sanap, mengajak kepada seluruh masyarakat untuk sadar akan kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah ke laut demi kehidupan generasi berikut.

Adapun dalam Lomba Sapu laut dan Bersih Sampah itu para peserta telah berhasil memberaihkan sampah dari darat/pesisir pantai dan laut seberat 1. 270 Kg, dan bagi peserta yang membersihkan sampah terbanyak pun mendapatkan hadiah dari gubernur.

(IsJo)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Sabtu, 08 September 2018 , , ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional