Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau

Pusat Pengaduan Layanan Kesehatan Hingga Keamanan Turis Tunjang Pariwisata Sehat

Manado, detiKawanua.com - Pertemuan antara pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulut bersama para wartawan yang berlangsung hampir 2 jam, Kamis (06/09) di Ruang Rapat Dinkes Sulut, telah membicarakan tentang perkembangan sektor kesehatan terkini dilapangan sekaligus bertukar pikiran guna program kerja terlebih khusus soal "Pariwisata Sehat" yang singkron dan sejalan dengan program Gubernur Sulut (Olly Dondokambey) disektor pariwisata.

Kepala Dinkes Sulut, Deibi Kalalo mengungkapkan Pariwisata Sehat artinya mulai dari penunjang pelayanan kesehatan, memberikan pelayanan kelas berkualitas, Sumber Daya Manusia (SDM) kesehatannya termasuk Rumah Sakit (RS) hingga Puskesmas yang terakreditasi.

"Syarat-syaratnya meliputi sarana prasarana dan SDM. Dimana SDM itu juga sudah ada pemetaannya baik di Puskesmas, RS dan pemerintahan (Dinkes) dalam pemenuhan standar, yang nantinya akan dikoordinasikan dengan daerah kabupaten kota dikarenakan RS juga sudah ada standar untuk SDM-nya serta dan apa-apa yang menjadi prioritas dalam menunjang kesehatan," terang Kalalo

Menurutnya untuk di Tahun 2018 ini, terdapat 11 RS yang sudah mengantongi kareditas nasional dan satu RS yakni RS Kandou terakreditasi Internasional.

"Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) lainnya sudah dalam proses akreditasi hingga bulan Desember, sehingga nantinua di tahun 2019 semuanya harus terakreditasi," ungkapnya.

Selain itu juga terang Kalalo, pihaknya (Dinkes) melalui program Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat hingga ke kabupaten kota dengan bekerjasama bersama masyarakat.

"Hal ini juga untuk menunjang program pariwisata sehat yang tersingkronisasi dengan Germas," ujarnya sembari mengatakan bahwa terkait dengan itu juga di bandara dan pelabuhan terdapat penanganan khusus bagi turis yang terindikasi sakit melalui KKP Bandara menyediakan ruang karantina.

"Adapun juga untuk menjamin kesehatan di bandara, faktor kebersihan seperti toilet, kawasan bebas rokok, hingga ruang ibu anak (menyusui) telah disediakan sehingga kenyamanan dan kesehatan tetap terjaga dengan baik," kata Kalalo, seraya menambahkan bahwa Dinkes Sulut juga memfasilitasi Pusat Pengaduan di nomor layanan 1500568 yang tersedia untuk pengaduan dan masukan dari masyarakat terkait pelayanan kesehatan.

Hadir dalam pertemuan tersebut diantaranya, Sekertaris Dinkes Sulut,Lisa Pongajow, Kabid SDK DJonny Matali, Kabid Kesehatan Masyarakat, Rima Lolong, Kabid Pelayanan Kesehatan, Lydia Tulus, Kepala Seksi Surveillance Imunisasi Merry Pasorong, serta Jurnalis Independen Pemprov Sulut (JIPS).

(IsJo)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Kamis, 06 September 2018 , ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional