Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau

Wamen ESDM Tegas Aturan Kewenangan Pusat, Provinsi dan Kabupaten Sudah Jelas

Manado, detiKawanua.com - Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI, Arcandra Tahar berharap dengan pelaksanaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Asosiasi Dinas Pengelola ESDMD (Daerah) Provinsi se-Indonesia yang berlangsung di Hotel Four Point, Kamis (23/08) siang tadi, untuk semua permasaalahan yang ada harus selesai.

"Setiap kegiatan seperti ini (Rakornas), semua harus clear dan itu memang tugas saya mewakili pak Menteri ESDM (Ignasius Jonan) yang berhalangan datang hari ini. Jadi semua harus clear sebelum mitting ditutup," terang Wamen dalam sambutannya.

Lanjutnya mengingatkan agar semua pengelolaan sumber daya didaerah juga harus jelas dan jangan sampai ada masalah antara provinsi, kabupaten kota dan pusat.

"Peraturan kita jelas clear mana pengelolaan kewenangan provinsi, kabupaten dan pusat itu semua sudah ada," jelasnya sembari mengatakan bahwa berkaitan dengan Peraturan Menteri (Permen) pun itu jelas dengan maksud tujuan dimana eanglenya pun terbagi tidak semua digabung, ada komersial dan teknikal.

"Kita mengekspor peluang yang ada di daerah, kalau problem surving itu hanya menambah pengrusakan. Sesuai dengan aturan kita mari kita lakukan (kerja) terbuka," tandas Tahar.

Sebelumnya melalui sambutan Gubernur Olly Dondokambey yang disampaikan Sekdaprov Edwin Silangen, bahwa upaya yang dilakukan dengan cara menemukan potensi energi baru yang terbarukan sebagai sumber investasi daerah, menjamin ketersediaan energi listrik dan BBM bagi daerah yang membutuhkan (desa belum memiliki listrik, pulau kecil terpencil dan daerah perbatasan).

"Upaya pembangunan sarana dan prasarana sektor ESDM yang memadai, berdaya guna dan berhasil guna sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku,"kata Silangen.

Menurutnya bahwa optimalisasi pengelolaan sektor ESDM di Sulut juga didukung dengan kondisi Sulut yang termasuk dalam wilayah yang memiliki sumber daya mineral yang besar dan tersebar dikawasan peruntukan pertambangan mineral logam, mineral bukan logam dan batuan, pertambangan minyak dan gas, serta kawasan panas bumi.

"Demikian halnya dengan sumber daya tanah, sumber daya air dan sumber daya energi terbarukan, jika dikelola dengan baik dan benar akan mendatangkan investor serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi di sektor ESDM," kata Sekprov.

Selain itu, di hadapan seluruh peserta Rakornas, Silangen juga mempromosikan keindahan alam Sulut sekaligus mengapresiasi Kementerian ESDM yang telah memilih Sulut sebagai tempat penyelenggaraan Rakornas.

"Saya ucapkan terima kasih kepada segenap jajaran Kementerian ESDM serta Asosisasi Dinas Pengelola ESDM Provinsi se Indonesia yang telah yang telah memilih Sulut sebagai tempat pelaksanaan agenda nasional yang sangat strategis ini. Kiranya keramahtamahan dan keindahan panorama alam Sulut, akan turut memberikan kesan dan warna tersendiri selama pelaksanaan kegiatan di daerah ini," pungkas Silangen.

Turut hadir Asisten II Setdaprov Sulut, Rudi Mokoginta, PT PLN, Pertamina, PT Archi Indonesia, bserta para Kadis ESDM se-Indonesia.

(IsJo)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Kamis, 23 Agustus 2018 , ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional