Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau

Terungkap Sejumlah Manfaat Bendungan Kuwil dan Waruga Dalam Rapat Bersama Gubernur Olly

Manado, detiKawanua.com - Gubernur Sulut, Olly Dondokambey menerima langsung tim kerja dari Balai Sungai Wilayah Sulawesi 1 Kementerian PU dan Perumahan Rakyat di Ruang Rapat WOC Kantor Gubernur pada Rabu (01/08) siang tadi guna memaparkan kondisi dan penataan Waruga (makam tua) serta pembangunan bendungan Kuwil yang terletak di Kawangkoan Minahasa Utara (Minut) yang diluar dalam pemaparan tim tersebut terungkap banyak keuntungan dan manfaat bagi masyarakat dan daerah nantinya.

Adapun disela-sela pertemuan rapat tersebut, terjadi tanya jawab antara gubernur dan tim kerja tentang seputar pengerjaan hingga kekuatan beban tampung air dari bendungan tersebut sehingga bisa menjadi satu faktor pengurangan resiko banjir di daerah Minahasa Utara dan Manado nantinya. Begitupun halnya dengan Waruga yang merupakan peninggalan situs sejarah adat budaya Minahasa pun nantinya penataan lokasinya bakal menjadi objek wisatawan dan pusat informasi ilmu sejarah untuk pendidikan baik dari Sulut maupun luar daerah.

"Kedua-duanya sangat penting dan bermanfaat sehingga harus berjalan seiring baik penaataan Waruga dan pembangunan bendungannya. Lokasi Waruga didalam area bendungan Kuwil-Kawangkoan yang terletak dekat dengan fasilitas umum jadi nanti akan dibangun fasilitas lengkap sebagai objek wisata," terang Gubernur yang saat itu didampingi Wakil Gubernur,  Steven Kandouw. 

Sementara itu melalui Satker Bendungan Balai Sungai Sulawesi 1, Novi Ikat mengatakan, penataannya sudah disiapkan sejak setahun yang lalu dan antara bendungan dan situs Waruga berada disatu lokasi," terangnya kepada wartawan. 

Seperti dalam tayangan layar lebar video 3 dimensi menampilkan secara detail wujud lokasi bendungan dan Waruga yang pada nantinya sesuai plannya digunakan pada tahun 2020 mendatang. Dan hingga saat ini, untuk tahapan pengerjaannya masih terfokus pada pembuatan terowongan pengalih sungai. 

Hadir pula pada rapat pertemuan tersebut diantaranya Kepala Dinas Budaya Sulut, Fery Sangian, Kepala Dinas PU, Steve Kepel, Kepala Dinas Perumahan Rakyat, JE Kenap, KasatPol PP, Steven Liow, Staf Ahli Christian Talumepa beserta jajaran Humas Setdaprov Sulut. 

(IsJo)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Rabu, 01 Agustus 2018

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional