Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau

MANDAK : 5.820 Siswa SD / SMP Bakal Terimah Bantuan PIP Dari Pemerintah Pusat

Tahuna, detiKawanu.com - Perhatian Pemerintah Pusat  kepada Pemerinta  Kepulauan Sangihe melalui Dinas Pendidikan kepada Siswa kurang mampu terus diupayakan. Nantinya, sebanyak 5.820 Siswa SD dan SMP  mendapat bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) dari pemerintah pusat.

Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Dispend Drs Djoli Mandak MPd kepada sejumlah media.

Mandak mengatakan, sebanyak 5.820 siswa SD dan SMP akan menerima bantuan PIP tahun 2018.

"Bantuan yang diterima setahun sekali berbeda-beda SD jumlah siswa sebanyak 4.086 kelas I dan VI berjumlah Rp 225 ribu per tahun, kelas II sampai kelas V Rp 450 ribu per tahun,  maupun SMP kelas VII Rp 375 ribu per tahun, kelas VIII dan IX Rp 750 ribu per tahun," kata Mandak

Mandak menjelaskan, untuk kelas I SD dan VI nilai bantuannya lebih kecil, dibanding dengan kelas dua hingga kelas lima.
Dikarenakan perjalanan pendidikannya hanya setengah semester. Begitu juga siswa SMP kelas satu lebih kecil dibandingkan kelas VIII dan IX. Dikarena kelas VII siswa baru yang masuk baru setengah semester,
bantuan tersebut langsung ditransfer ke rekening siswa masing-masing melalui BRI.

Lanjut dikatakanya, dana PIP dilakukan secara bertahap untuk saat ini dalam berproses merujuk pada Surat Keterangan (SK) pencairan dana dari pusat. Dan untuk tahun 2018 ini meningkat dari tahun 2017 lalu yang hanya 2.402 siswa. Penerbitan SK akan dilakukan secara bertahap berdasarkan data yang terupdate dalam Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

"Data bantuan PIP didapat dari Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) yang ada di pusat. Kemudian siswa yang namanya terdata akan mendapat Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan wajib membawa kartu tersebut ke sekolah untuk di entry dalam Dapodik," tutup Mandak. (js)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Rabu, 29 Agustus 2018 , ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional