Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau

Kandouw Tegaskan Lansia Bukan Objek Dan Punya Andil Dalam Pembangunan

Bogor, detiKawanua.com - Menghadiri undangan dari Kementerian Sosial RI pada Kamis (23/08), oleh Wakil Gubernur Sulut, Steven Kandouw bersama Kepala Biro Kesra, Kartika Devi Kandouw-Tanos mengikuti agenda kegiatan pertemuan para Komisi Daerah Lanjut Usia (Komda Lansia) se-Indonesia yang berlangsung di Hotel Onih Bogor Jawa Barat dan dibuka oleh Direktur Rehabilitasi Sosial Lansia, Andi Hanindito.

Adapun tujuan kegiatan yang berlangsung selama tiga hari (23-25 Agustus) dan dihadiri 150 peserta baik dari Dinas Sosial maupun Komda Lansia se-Indonesia itu menurut Hinindito, untuk mendorong kepedulian pemerintah daerah dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan unsur masyarakat dalam mensinergikan pemberdayaan masyarakat untuk kemandirian lansia.

Sementara itu Wagub Kandouw yang juga selaku Komda Lansia Sulut mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut guna mensinergitaskan program kerja pemerintah pusat dan daerah untuk lebih meningkatkan kesejahteraan lansia.

"Selaku pemerintah dan Ketua Komda Lansia Sulut, saya menyambut baik apa yang dilaksanakan pihak Kementerian Sosial RI. Untuk itu perlunya dilakukan berbagai upaya perlindungan sosial, penciptaan lingkungan yang ramah, sehingga menunjang kreativitas dalam membangun lansia sehat dan produktif serta potensial," terang Kandouw, sembari mengakui bahwa penanganan lansia harus diperbaharui karena komposisi lansia di tengah-tengah penduduk semakin besar.

"Lansia bukan lagi obyek, mau tidak mau lansia harus dilibatkan dalam segala aspek pembangunan. Lansia dapat diberdayakan dan lebih berperan aktif dalam pembangunan dengan memperlihatkan fungsi kreatif, pengetahuan, keahlian, ketrampilan, pengalaman, usia dan kondisi fisik," jelas Wagub.

Terinformasi kegiatan tingkat Nasional tersebut selain sebagai wujud perhatian, kepedulian dan penghargaan,  konsolidasi serta koordinasi terkait kegiatan Komda Lansia kepada para lansia di Indonesia, juga menjadi sarana komunikasi dengan harapan terwujudnya koordinasi yang sinergis diberbagai sektor terkait upaya peningkatan kesejahteraan lansia, serta sebagai bentuk penyelarasan program dan kegiatan guna terwujudnya program kerja Komda Lansia di Tahun 2019 mendatang.

(IsJo/**)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Sabtu, 25 Agustus 2018 , , , ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional