Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau

Melalui Rapat Paripurna DPRD, Bupati Serahkan Draft KUA-PPAS 2019

Bupati Landjar saat penyampaian draft KUA-PPAS 2019.

Boltim, detiKawanua.com - Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sehan Salim Landjar SH, Selasa (31/07) menyampaikan sekaligus menyerahkan draf Kebijakan Umum Anggaran (KUA) Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) tahun anggaran 2019 kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD). 

Penyampaian KUA-PPAS ini dilakukan melalui rapat paripurna DPRD, yang menghadirkan unsur pimpinan DPRD beserta anggota dan jajaran SKPD. 

Dalam sambutannya, Bupati mengatakan, bahwa untuk melanjutkan pembangunan daerah, terdapat tujuh sektor strategis yang menjadi prioritas pembangunan tahun 2019. Antara lain, pembangunan kawasan pariwisata dan pelestarian nilai budaya, pengembangan ekonomi lokal, pembangunan infrastruktur dasar dan penataan iklim investasi, penanggulangan kemiskinan, reformasi birokrasi pelayanan publik.

"Selain itu revitalisasi perikanan, peternakan, perkebunan dalam mencapai tujuan ketahanan pangan. Yang terakhir pelestarian hutan, lingkungan dan penanggulangan bencana," jelas Bupati.

Lanjut Bupati, KUA PPAS 2019 merupakan asumsi dan proyeksi yang secara makro meliputi proyeksi pendapatan, belanja dan pembiayaan daerah.


Sedangkan, proyeksi pendapatan daerah tahun 2019, tetap mengacu pada Undang-Undang yang berlaku khususnya Permendagri Nomor 22 Tahun 2018, tentang pedoman penyusunan APBD. Didalamnya mengamanatkan bahwa Pemerintah Daerah tidak diperkenankan menetapkan pendapatan di dalam APBD yang belum memiliki dasar hukum.

"Dengan begitu, proyeksi pendapatan daerah tetap mengacu pada tahun anggaran 2018, dan analisis terhadap realisasi pendapatan, lebih khusus pendapatan yang bersumber dari dana perimbangan," ujar Bupati.

Di akhir sambutannya, Bupati berharap agar KUA PPAS 2019 dapat berjalan sesuai harapan masyarakat. Serta, menjadi komitmen dan tekad bersama.

"Untuk tindak lanjut KUA PPAS ini, Saya menginstruksikan kepada jajaran SKPD untuk selalu proaktif dalam memberikan setiap tahapan, dan agenda yang dilakukan terkait anggaran 2019. Agar, hingga pembahasan APBD 2019 nanti akan berjalan dengan lancar tanpa hambatan," tutup Bupati mengingatkan.

(Fidh)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Selasa, 31 Juli 2018

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional