Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
PratinjauPratinjauPratinjau PratinjauPratinjau
Pratinjau

Rakor DPM-PTSP Sulut, Mendorong Kab Kota Dalam Data Investasi dan Potensi Daerah

Manado, detiKawanua.com - Dihadiri Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) se-Kabupaten Kota di Sulut, pada Jumat (29/06) sore tadi di salah satu Hotel di Manado, melalui DPM-PTSP Provinsi Sulut menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) tentang Data Base Perizinan dan Non Perizinan, Profil Investasi, serta Pemetaan Potensi dan Peluang Inveatasi Daerah, yang dilaksanakan selama 2 hari (hingga Sabtu besok).

Kepala Dinas PM-PTSP Sulut, Henry Katjily mengungkapkan bahwa pada intinya forum koordinasi seperti ini adalah bentuk kepedulian dari pemerintah provinsi (Pemprov) Sulut terhadap kabupaten kota untuk bagaimana memotivasi dan berinovasi dalam menarik para investor dalam berinvestasi didaerah masing-masing.

"Kita memberikan ruang bagi kabupaten kota agar bisa menyampaikan atau memaparkan kondisi potensi daerah, data investasi serta persoalan perizinan agar bersama-sama untuk satu tujuan memajukan iklim investasi didaerah," terang Henry.

Dijelaskannya pula bahwa dalam forum tersebut agar daerah kabupaten kota mempunyai data yang jelas untuk menjadi bahan promosi kepada para investor, sehingga menarik minat investor masuk kedaerah.

"Data harus jelas, baik lahan maupun sektor investasi tidak bermasalah sehingga bermanfaat bagi penembangan daerah," terangnya sembari mengatakan, harus ada konsep jelas, contoh sektor investasi pembangunan pariwisata dipedesaan bagaimana agar para wisatawan tidak hanya melewati desa tersebut, namun seharusnya bisa tinggal (dalam cottage/penginapan) dan mengunjungi spot destinasi-destinasi pariwisata yang ada didaerah tersebut.

"Jadi tidak ada pemain inti namun bekerja bersama. Daerah harus paham betul potensi daerah sehingga bukan 'orang lain' yang menawarkan potensi daerah sendiri. Kalaupun tidak, seharusnya dapat mengundang pihak provinsi untuk membahas bersama," ujar Henry.

Adapun dibenarkannya pula bahwa penyampaian dan usaha pengembangan investasi tersebut singkron dengan pemikiran Gubernur Sulut (Olly Dondokambey) dalam memajukan dan mengembangkan daerah hingga ke pedesaan demi kabupaten kota itu sendiri.

Diketahui hal menarik dalam forum tersebut diberikan kesempatan kepada seluruh dinas terkait dari kabupaten kota menjadi pembicara/pemateri sehingga dapat memaparkan potensi daerah masing-masing.

(IsJo)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Jumat, 29 Juni 2018 ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional