Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
PratinjauPratinjauPratinjau PratinjauPratinjau
Pratinjau

DPRD Sulut Gelar Paripurna Pemandangan Umum Fraksi Terhadap Pertanggunjawaban Pelaksanaan APBD 2017 Dan Ranperda Pembentukan Dan Susunan Perangkat Daerah


Ketua DPRD Sulut, Andrei Angouw saat memimpin Rapat Paripurna. 

Manado,  detiKawanua.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara menggelar Rapat Paripurna  Pemandangan Umum fraksi terhadap Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Provinsi Sulawesi Utara Tahun Anggaran 2017 serta Ranperda tentang Perubahan atas Peraturan Daerah Provinsi Sulawesi Utara Nomor 4 Tahun 2017 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah.

Rapat Parupurna tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPRD, Andrei Angouw, didampingi Wakil Ketua Marthen Manoppo dan Turut hadir Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Utara, Drs. Steven O.E. Kandouw, Anggota DPRD Provinsi Sulut, Forkopimda Sulut, Jum'at (29/06).

Semua fraksi yang terdiri dari Fraksi Amanat Keadilan diserahkan oleh anggota dewan Amir Liputo, PDI-Perjuangan oleh Lucia Taroreh, Gerindra diserahkan oleh Sjenny Kalangi dan Fraksi Restorasi Nurani oleh Nori Supit serta Fraksi Demokrat oleh Marthen Manopo, juga Fraksi Golkar meski belum menyerahkan berkas secara langsung, namun sepenuhnya menyetujui untuk dilakukannya pembahasan lebih lanjut terhadap kedua Ranperda tersebut.

Disisi lain, terkait Ranperda tentang Perubahan atas Peraturan Daerah Provinsi Sulawesi Utara Nomor 4 Tahun 2017 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah setelah diterbitkannya Permendagri No. 5 Tahun 2017 tentang Pedoman Nomenklatur Perangkat Daerah Provinsi dan Kab/ Kota yang melaksanakan fungsi penunjang penyelenggaraan urusan Pemerintahan, Fraksi Amanat Keadilan menyatakan Ranperda ini layak untuk dibahas lebih lanjut dalam mekanisme dan Tatib Dewan karena merupakan amanat Konstitusi serta Peningkatan Status Administrasi Daerah.

Dalam Pandangan umum Fraksi PDIP yang disampaikan oleh Lucia Taroreh,  terkait dengan Pendapatan Daerah memberikan apresiasi dan penghargaan atas kinerja Pendapatan Daerah Provinsi Sulawesi Utara yang mengalami Deviasi Plus sebesar Rp. 3.731.901.683.007 atau sebesar 100,22 % dari target yang telah ditetapkan sebesar Rp 3.723.697.617.672.

 “Kami berharap Kinerja Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara terus dipertahankan dan ditingkatkan demi kesejahteraan masyarakat Sulawesi Utara serta Fraksi PDIP berharap agar tidak ada lagi Penumpukan pencairan anggaran di Triwulan IV sehingga hal itu tidak ideal dan harus dilakukan perubahan karena fungsi APBD, selain fungsi otorisasi dan fungsi perencanaan adalah sebagai penggerak roda perekonomian di masyarakat,” ujar Lucia.

Menanggapi yang disampaikan semua Fraksi DPRD, Wakil Gubernur Steven Kandouw menyampaikan apresiasi kepada pimpinan dan anggota DPRD Provinsi Sulawesi Utara dalam penyelenggaraan paripurna tersebut.

Wakil Gubernur berterima kasih atas apresiasi dan warning-warning yang telah diberikan para fraksi kepada Pemerintah Daerah Provinsi dalam menjalankan seluruh tugas diberbagai sektor yang ada, serta menghimbau para dinas terkait untuk dapat memperhatikan setiap tanggapan yang telah disampaikan oleh setiap Fraksi DPRD Sulut. (Adv)


Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Sabtu, 30 Juni 2018 ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional