Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau

Pembinaan ASN di Bowombaru, Ini Penyampaian Plt. Bupati Talaud

Talaud, detiKawanua.com - Plt.Bupati Kepulauan Talaud, Petrus Simon Tuange memberikan pembinaan kepada Aparatur Sipil Negara ( ASN) , Pemerintah Desa dan BPD yang ada di 6 Desa di Kecamatan Melonguane Timur ( Meltim) yang dipusatkan Balai Pertemuan Umum Kecamatan di Desa Bowombaru, Senin (14/5).

Dari 196 jumlah keseluruhan ASN dan perangkat desa yang ada di wilayah tersebut. Tatap muka hari ini dihadiri 96 orang perwakilan , karena yang lain sedang menjalankan tugas di luar  daerah.

"Kami berharap 196 orang. Baik ASN maupun perangkat yang ada di 6 Desa di Kecamatan Meltim hadir. Tetapi ada beberapa ASN yang sedang tugas luar daerah. Ada juga dua kades yang tidak hadir mengikuti kegiatan pembinaan Bumdes dan hal lainnya," terang Camat Meltim, Perikles Rando dalam laporan singakatnya kepada Plt Bupati .

Dalam arahannya Plt Bupati didampingi Asisten Ekbang Sekda, Tonny Gagola dan sejumlah pejabat teras di lingkup pemkab menyampaikan atau memaparkan tiga item penting, yaitu Gambaran Kemampuan Fiskal Daerah, baik pendapatan maupun belanja dalam ringkasan APBD TA 2017 yang kritis,  Penyelenggaraan Pemerintahan Desa, termasuk didalamnya bagaimana perencanaan pembangunan desa dan mengelola keuangan desa dari berbagai sumber penerimaan, dan Bagaimana menyukseskan Pilkada 27 Juni 2018 mendatang.

Pada kesempatan tersebut Ia menguraikan sebab dan akibat dari kritis keuangan dan kerusakan yang terjadi, seperti mengapa ADD triwulan IV tahun 2017 tidak terbayar, mengapa TPG tidak dibayar dan hal lainnya

"Sebagai petugas negara pada medan pengabdian masing-masing. Kita bertemu disini untuk kita sama - sama mencermati akan seluruh rangkaian kegiatan pelaksanaan pemerintahan , pembangunan dan kemasyarakatan di Kabupaten Kepulauan Talaud ini. Kondisi Talaud butuh  penyelamatan, butuh sentuhan tangan dingin putra/ putri daerah untuk menyelamatkan daerah ini. Sebagai anak daerah saya prihatin dengan kondisi saat ini terkait kondisi keuangan yang kritis," ujar Plt Bupati.

Diungkapkannya, pemerintahan saat ini tetap berjalan. Tetapi  yang jadi persoalan adalah banyak perencanaan tidak sesuai keinginan masyarakat. Banyak program kegiatan yang dilaksanakan, tetapi tak sesuai hasil musrembang. 

"Sebetulnya nafas APBD adalah untuk menampung kebutuhan masyarakat. APBD disusun berdasarkan kemauan masyarakat, bukan kemauan pimpinan. Namun yang terjadi di daerah ini. Apa yang diputuskan lewat musrembang tidak dirupiahkan di APBD,  tetapi yang tidak dibahas di musrembang itu muncul di APBD," ungkap Tuange.

Terkait suksesi Pesta Demokrasi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Talaud .Tuange berharap semua masyarakat untuk merapatkan barisan dalam menentukan arah kehidupan Talaud lima tahun yang akan datang.

"Lewat pilkada ini kita berharap mendapatkan pemimpin  yang mampu memperbaiki kondisi daerah. Pada akhirnya kita  masing - masing akan menentukan pilihan kepada satu dari empat paslon yang ada. Biarlah kita harus memilih  yang terbaik dari yang terburuk," ucap Tuange. (RhojakFM)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Senin, 14 Mei 2018 , ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional