Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau

Nyata dan Jelas, Provinsi Sulut Berhasil Didatangi Turis Hingga 43.000 Orang

Manado, detiKawanua.com - Provinsi Sulut pada bulan Juli mendatang kembali diperkirakan bakal dipadati 20.000 wisatawan baik mancanegara maupun nusantara (lokal Indonesia) yang akan menyaksikan atau menghadiri dua agenda besar yakni, Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) ke-XXV Tingkat Nasional yang direncanakan bakal dihadiri Presiden RI Joko Widodo, dan agenda agenda Jemaat Gereja Advent yang bakal dipusatkan di Kota Manado dan Tondano Kabupaten Minahasa. Dimana diketahui semua upaya tersebut merupakan 'buah tangan'/terobosan dari Gubernur Sulut, Olly Dondokambey selain dalam memajukan daerah juga hal itu untuk mendogkrak sektor ekonomi pendapatan masyarakat.

Sebagaimana informasi dari salah satu sumber resmi pada Minggu (27/05) malam tadi dikegiatan Safari Ramadhan yang berlangsung di Kawasan Megamall Manado dan dihadiri Wakil Gubernur Sulut (Steven Kandouw) bahwa nantinya diawal pekan pertama di bulan Juli nanti para wisatawan tersebut sudah mulai berdatangan hingga pada tanggal 24 Juli. Dan untuk agenda Jemaat Gereja Advent yang direncanakan akan dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) akan dihadiri sekitar 3.000 orang. Yang dimana juga hingga saat ini untuk angka wisatawan/turis asing dan lokal yang datang berkunjung ke Sulut itu tembus hingga angka 43.000 orang, juga untuk penerbangan Korea Selatan dari Bandara Incon Busan sudah terbuka, begitupun dengan penerbangan Thiongkok dengan 2 fliht mengalami penambahan kouta frekwensi penerbangan, dimana selain maskapai Lion Air juga sekarang terdapat pula dari pihak Sriwijaya.

Adapun dengan semua hasil terobosan Gubernur Olly tersebut, kini lebih membuka mata baik taraf nasional maupun internasional bahwa pada sebelumnya terdapat 'nada-nada sumbang' yang sempat meragukan terobosan OD dalam peningkatan wisatawan ke Sulut, kini terlihat dan dapat dirasakan dengan nyata bahwa keberhasilan sektor pariwisata di Sulut berdampak pada peningkatan perekonomian Sulut, dari sektor jasa (pengrajin sovenir usaha kecil, perhotelan, rumah makan dan pusat perbelanjaan di Manado), dan perikanan (permintaan ikan dirumah makan meningkat drastis), secara nyata terlihat jelas.

Sementara itu dari keterangan salah satu pengusaha ternama di Sulut yang juga merupakan Owner Megamall Manado, Amelia Tungka ketika dikonfirmasikan wartawan mengungkapkan bahwa dari sisi kedatangan turis di Megamall tidak semua melakukan aktivitas belanja, namun ada juga hanya sebatas jalan-jalan santai sambil melihat-lihat suasana dari pusat perbelanjaan ternama itu.

"Kalau untuk mengajak secara keseluruhan untuk berbelanja, mungkin perlu kerjasama dengan pihak seperti Travel Tour/Gait dan semacamnya. Namun untuk dampak perkembangan pariwisata banyaknya turis masuk ke Manado tetap terasa," ungkap Amelia.

Hadir mendampingi Wagub saat itu diantaranya, Staf Khusus OD-SK Bidang Pariwisata, Dino Gobel, Ketua PHBI Sulut, Syahrul Poli, salah satu pengusaha ternama, John Kalangi, serta Rektor IAIN Manado, Rukminah Gonibala.


(IsJo)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Senin, 28 Mei 2018 , ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional