Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau

MTQ ke-27 Tingkat Provinsi Sulut, Gubernur: Tetap Dalam Bingkai Torang Samua Ciptaan Tuhan

Bolsel, detiKawanua.com - Gubernur Sulut, Olly Dondokambey bersama Ketua TP-PKK Sulut, Rita Dondokambey-Tamuntuan serta Sekertaris Provinsi Sulut, Edwin Silangen saat menghadiri pelaksanaan pembukaan Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) ke XXVII (27) Tingkat Provinsi Sulawesi Utara, yang di pusatkan di Alun-Alun Lapangan Molibagu Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) pada Rabu (02/05) malam tadi, disambut meriah dan penuh keakraban kekeluargaan oleh ribuan masyarakat Bolsel dan peserta MTQ yang kemudian disusul dengan Tarian Adat Mopotilro atau merupakan tarian penyambutan daerah Bolsel yang dipersembahkan para siswa-siswi SMP Kabupaten Bolsel.

Gubernur Sulut, Olly Dondokambey dalam sambutan di kegiatan yang mengambil tema Pelaksanaan MTQ ke XXVII Tingkat Provinsi Sulawesi Utara Kita Tingkatkan Masyarakat Qur'ani, Religius dan Sejahtera, pun mengatakan ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa dan terima kasih kepada para khafila/peserta. Dimana Pemprov Sulut memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pemkab Bolsel, jajaran pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) dan masyarakat.

"Harapan kami tentunya menginginkan kegiatan ini berjalan dengan baik dan sukses sebagaimana tujuan dari kegiatan sebagai ajang implementasi, pendidikan nilai-nilai Qur'an bagi lingkungan masyarakat Islam di Bolsel khususnya. Semoga kegiatan ini bisa diikuti sebaik-baiknya oleh para peserta," terang Gubernur.

Lanjutnya mengatakan, kegiatan ini menjadi satu hal yang dapat mendorong pemerintah dengan harapan besar ditahun yang akan datang Provinsi Sulut dapat menjadi tuan rumah menyelenggarakan kegiatan MTQ di tingkat Nasional.

"Semoga kegiatan ini menjadi tolak ukur kita untuk memintakan kepada pemerintah pusat agar Sulut kedepan menjadi tuan rumah," ungkap Olly sembari mengharapkan agar kegiatan MTQ itu juga tidak hanya menjadi syiar agama Islam namun juga menjadi pelajaran pendidikan umat Islam dan bisa memahami nilai-nilai Al-Qur'an.

Disisi lain Gubernur juga mengatakan bahwa dengan kegiatan tersebut bisa menjadi wahana silaturahmi dalam menjalin Ukhuawah Islamiyah dalam sesama umat Islam, juga agar bisa bersama-sama merasakan dalam kehidupan Kebhinekaan antar umat beragama.

"pada kesempatan ini saya berharap kepada seluruh umat Islam di Bumi Nyiur Melambai (Sulut) agar dapat menjadi silaturahmi memperkokoh dalam umat Islam. Jangan menjadi ajang saling menjatuhkan, saya mengajak seluruh komponen di Sulawesi Utara agar tetap menjaga kebersamaan dan kedamaian dalam bingkai 'Torang Samua Ciptaan Tuhan' serta dalam kehidupan ber NKRI," ujar Gubernur.

"Semoga juga dengan dibangunnya bagunan Islamic Centre bisa menjadi tempat pusat ajaran Islam yang membawa Sulut lebih hebat kedepan nanti," tandasnya.

Adapun sebelumnya, ucapan selamat datang dan laporan panitia lokal daerah MTQ ke-XXVII diantaranya diawali oleh Sekda Bolsel, Marzanzius Arfanohy dan dilanjutkan Bupati Bolsel, Herson Maluyu diawakili Wakil Bupati, Iskandar Kamaru (menyampaikan ucapan selamat datang kepada rombongan Gubernur Olly Dondokambey) bahwa kegiatan dimaksud sebelumnya telah dipersiapkan dari jauh-jauh hari dengan anggaaran 4 ,2 Miliar. Tujuan kegiatan agar nantinya masyarakat muslim harus mengembalikan spirit perubahan, spirit Alqur'an dalam mewujudkan daerah Bolsel yang relegius dan berbudaya.

"Sekedar informasi bahwa Pemkab Bolsel juga telah menganggarkan pembangunan Islamic Center, yang selain itu juga dilaksanakan pembangunan
tiga tempat ibadah diantaranya Masjid dan Gereja, serta pada perayaan Paskah lalu telah dihadir 23 Ribu jemaat. Untuk itu suksesnya penyelenggaraan MTQ sekarang ini merupakan sukses kita bersama," terang Kamaru.

Sebelumnya, Sekda Bolsel Marzanzius Arfanohy bahwa acara dan pembentukan panitia kegiatan tersebut melalui SK Gubernur.

"Penyelenggaranaa momen mendorong penghayatan Alquran dilingkungan rumah, masyarakat dan Bangsa Indonesia, dilaksanakan 2 - 8 Mei.
Cabang Tolilawah, Hifsi Quran, Tafsir Alquran, syiar Alquran, dan Makalah Musabaqoh Al quran untuk putra putri. Kegiatan ini dimeriahkan tim kesenian gabungan Sangihe, musik bambu dan dikombinasi dengan paduan suara gereja," jelas Arfanohy.

Diketahui pembacaan Saritilawah dalam pembukaan kegiatan MTQ tersebut adalah, Hj Sarini Abdullah, dan penyampaian sambutan dari Ketua Umum LPTQ Sulut (Herson Mayulu) diwakili Ust. Rizal Ramli yang memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada semua pihak pendukung kegiatan itu, terlebih khusus Gubernur Sulut Olly Dondokambey.

"Berharap kita (Sulut) ditahun-tahun berikut bisa mengadakan MTQ tingkat Nasional, yang dimana sebelumnya pelaksanaan kegiatan 41 tahun yang lalu dilaksanakan Indonesia," terang Ramli.

Selanjutnya oleh Gubernur Olly telah melakukan penebukan beduk.sebagai tanda dibukanya kegiatan, dilanjutkan dengan penandatangani prasasti pembangunan Islamic Centre serta penyerahan piala bergilir MTQ ke-XXVII 2018. Hadir Kepala Kantor Kementerian Agama Sulut, Bupati Walikota dan para Wakil se-Sulut, para Ketua DPRD se-Provinsi Sulut, Ketua MUI, jajaran pengurus LPTQ, jajaran Kepala perwakilan Kementerian Agama se-Kabupaten Kota dan sejumlah pejabat Eselon II Pemprov Sulut, beserta jakaran Forkopimda Bolsel.

(IsJo)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Kamis, 03 Mei 2018 , ,

0 komentar for "MTQ ke-27 Tingkat Provinsi Sulut, Gubernur: Tetap Dalam Bingkai Torang Samua Ciptaan Tuhan"

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional