Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
PratinjauPratinjauPratinjau PratinjauPratinjau

Megahagho Kuasai 70 Persen Kemenangan Pemilihan Serentak Kapitalaung Di Kabupaten Sangihe

Bupati Sangihe, Jabes Ezar Gaghana.

Tahuna, detiKawanua.com - Pelaksanaan Pemilihan Kepala Kampung serentak di 112 kampung dari 13 Kecamatan se-Kabupaten Kepulauan Sangihe Senin (28/05) berjalan sukses baik secara administrasi maupun secara teknis walaupun kedepan masih ada hal yang harus dibenahi dalam pelaksanaan.

Yang menarik adalah dikotomi Megahagho yang merujuk pada pasangan (Gaghana - Hontong)  dan bukan Megahagho masih sangat kental mewarnai perhelatan pemilihan kepala kampung secara serentak di 112 kampung yang ada,ini bisa didengar langsung dari para pemilih saat harian ini memantau dibeberapa kampung yang melaksanakan pemilihan kepala kampung.

"Karna kami pendukung Megahagho waktu pilkada lalu maka untuk calon Kapitalaung kami harus memilih calon dari orang Megahagho," ujar salah satu pemilih disalah satu TPS Kecamatan Tabukan Utara sambil meminta namanya tidak di phublis.

Dari pantauan detiaKawanua , untuk hasil dan pemenang kubu Megahagho menguasai kemenangan dengan prosentase diatas 70 Persen atau setara dengan 79 Kampung dari 112 kampung yang melaksanakan pemilihan Kapitalaung (Kepala Kampung) yang tersebar di 13 kecamatan yang ada.

Ketua Panitia pemilihan Kapitalaung serentak tingkat Kabupaten Dirgahayu Mandiangan ketika dimintai tanggapannya tentang pelaksanaan Pilkam serentak ini mengatakan,Sebagai panitia cukup berbangga dengan pelaksanan Pilkam serentak ini karna boleh terlaksana sesuai yang diharapkan dan masyarakat menunjukan kedewasaannya dalam berdemokrasi dan membanggakan pula karna demokrasi ini dimulai dari kampung masing-masing.

"Sangat bersyukur Pilkam serentak boleh terlaksana dengan baik sesuai dengan koridor yang ada dan terima kasih untuk semua pihak terkait yang boleh menjalankan fungsinya masing-masing secara maksimal yang didorong oleh rasa tanggung jawab"ujar Asisten satu Pemkab Sangihe ini.

Sementara itu Bupati Sangihe Jabes Ezar Gaghana ikut mengomentari pelaksanaan Pilkam serentak,yang terpenting adalah pelaksanaannya sukses dan sangat kondusif serta saya menyaksikan bagaimana antusiasme masyarakat ini menunjukan masyarakat sangat menjujung tinggi demokrasi dan kedepan ada pembenahan dan peningkatan kualitas.

"Puji Tuhan semua boleh berjalan dengan sangat baik dan masyarakat melakukannya dalam kebersamaan walaupun ada perbedaan pilihan ini menunjukan demokrasi bertumbuhan dan berkembang dengan baik ditengah masyarakat dan saya berharap kedepannya ada perbaikan dari sisi pelaksaan terlebih masalah data dan sosialisasi sehingga semakin bermutu"tandas Gaghana.

Sehingga dirinya berharap,para Kapitalaung yang baru terpilih boleh bekerja sama dengan pemerintah kabupaten untuk mensejahterakan masyarakat.

"Masing-masing kampung telah memilih dan memiliki pemimpinnya (Kapitalaung) sehingga diharapkan kedepannya ada sinergitas yang baik dengan pemerintah kabupaten dalam menjalankan amanah untuk mensejahterakan rakyat," harapnya

Disentil soal kemenangan Megahagho,Bupati sederhana ini hanya tersenyum dan menjawab simple. "Semua itu kemenangan masyarakat"imbunya.(js)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Rabu, 30 Mei 2018 , ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional