Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau

Mantapkan Persiapan Debat Publik, KPUD Talaud Gelar Rakor Bersama Penyusun Materi Debat, Moderator dan Paslon

Talaud, detiKawanua.com - KPUD Kabupaten Kepulauan Talaud menggelar Rapat Koordinasi  Bersama Tim Penyusun Materi  Debat Publik Dengan Pasangan Calon  Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Talaud Tahun 2018, Jumat (25/5) petang di Restaurant Cendrawasih Melonguane.

Ketua KPUD Talaud, Velma Sumee  mengatakan, rakor ini  di gelar  untuk membahas jalannya acara debat publik yang akan dilaksanakan, Sabtu (26/5) besok.

"Mekanisme debat pasangan calon disusun sebagai panduan dalam merumuskan  konsep dan desain kegiatan debat paslon pada Pilkada 2018, guna terlaksananya acara debat yang berkualitas, sesuai dengan tujuan dan sasaran. Tim penyusun materi debat besok juga tidak berasal dari Talaud, tetapi para  pakar atau ahli dari luar," jelas Sumee.

Dari 8 penyusun materi debat hingga debat yang ke dua. Untuk rakor debat tahap I dihadiri 3 orang, yakni DR. Michael Mamentu, MA, DR. Welly Areros, dan DR. A. Butje Pati, sementara satu pemateri lainnya yakni DR. Tommy Sumual akan datang besok. Hadir juga moderator debat Reidy Sumual  yang kemudian menguraikan segmen per segmen acara termasuk estimasi debat yang mencapai 90 menit, terbagi atas 85 menit waktu  untuk penjelasan aturan debat, pemaparan visi misi  terkai tema debat paslon tahap satu, penajaman visi misi, pertanyaan dari moderator terkait isu - isu faktual daerah sesuai konteks tema yang diangkat yang kemudian dijawab paslon, moderator mempersilahkan paslon saling bertanya dan memberikan jawaban.

"Dilanjutkan dengan moderator mempersilahkan paslon untuk saling  memberikan tanggapan terhadap jawaban yang diberikan dan yang terakhir adalah masing - masing paslon memberikan pernyataan penutup atau clossing statement. Dari 90 menit estimasi waktu yang ada. 5 menit adalah waktu sambutan Ketua KPU dan menyanyikan lagu Indonesia  Raya di  pembukaan acara," ujar Sumual selaku moderator debat publik.

Dari 4 paslon bupati dan wakil bupati. Yang hadir dalam rakor ini, yaitu  Paslon nomor urut 1 , Elly E Lasut - Moktar A. Parapaga ( E2L - Mantap), Paslin nomor urut 2, Welly Titah - Heber Pasiak ( WT - HP), paslon nomor urut 4, Handri P. Poae - Clartje  S. Awulle ( HPP - CSA), sementara paslon nomor urut 3, Sri W. Manalip - Gunawan Talenggoran ( SWM- Menawan ) hanya dihadiri oleh Talenggoran.

Hadir juga dua komisioner KPUD, yakni  Mexny Tamaroba dan Kader Talenggoran bersama Sekretaris KPUD Nelwan Maloring.

Usai Rakor Paslon kemudian melanjutkan kegiatan geladi resik  debat publik  tahap yang bertemakan 'Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik Dan Pelayanan Publik'  di Gedung Sidang DPRD Talaud. (RhojakFM)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Sabtu, 26 Mei 2018 ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional