Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
PratinjauPratinjauPratinjau PratinjauPratinjau

Lanal Tahuna Gelar Study Tour Bersama Siswa/siswi SLH

Tahuna, detiKawanua.com - Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Tahuna, Rabu (30/5/2018), melaksanakan Study Tour bagi siswa/siswi SMP, SMA Sekolah Lentera Harapan (SLH) Tahuna. Kegiatan tersebut dimulai sekitar pukul 07.30 pagi dimulai dengan bersih-bersih pantai di kompleks Markas Komando (Mako) Lanal Tahuna, selanjutnya dilanjutkan dengan rekreasi serta Joy Sailing ke Kapal Angkatan Laut (KAL)

Ketua panitia Paspotmar Lanal Tahuna Djemy Katanga STh kepada sejumlah wartawan mengatakan, kegiatan ini merupakan program kerja yang dilaksanakan Lanal tahuna dengan Siswa/siswi SMP, SMA SLH.

"Kegiatan tersebut yang dimaksud adalah, pengenalan profil TNI AL dan Lanal Tahuna, kemudian dilanjutkan dengan bersih-bersih pantai, karena ini merupakan proses kelanjutan dari pencinta lingkungan hidup bagi anak-anak sebagai wujud pahlawan lingkungan hidup, kemudian dilanjutkan dengan permainan dan terakhir joy sailing ke KAL Pulau Sangihe," kata Katanga.

Kedepan Katanga berharap, bagi para Siswa/siswi SLH ini bisa menjadi pahlawan terhadap lingkungan dan dapat melestarikan pola kebersihan, juga disiplin lingkungan

"Mereka dapat menjadi pahlawan-pahlawan pecinta lingkungan hidup dan dapat melestarikan pola kebersihan, disiplin dilingkungan du kehidupan berkeluarga. Sehingga dapat menggapai cita-cita mereka menjadi pencinta bahari yang luar biasa sebagai wujud bahwa kita adalah negara nenek moyang," harapnya.

Sementara itu Danlanal Tahuna Kolonel Laut (P) Setyo Widodo SE MSi sebagai pembina kegiatan tersebut berharap para siswa memahami tugas pokok lanal, mengenal lanal secara keseluruhan.

"Baik itu menyangkut aspek wilayah tugasnya lanal, pejabat lanal serta ruang lingkup kegiatan yang dilaksanakan bersama masyarakat. Dan juga harapan kami tentunya siswa akan lebih menyenangi kebaharian, sebagai masyarakat maritim yang hidup di pulau-pulau yang memang seharusnya memiliki jiwa kebaharian dan kemaritiman yang kuat," ujar Widodo.

Lanjut , siswa diajak berinteraksi dengan peralatan alusista yang dimiliki lanal dengan cara melakukan joy sailing.
Joy Sailing memang kegiatan rileks namun ada niai yang bisa dicapai, dimana kita bisa mengenal tentang perairan, kinerja prajurit lanal, alusista dan tugas pokok dalam penegakan hukum," kata Widodo.

Widodo menambakan, dengan sendirinya siswa akan memiliki pandangan tentang tugas TNI AL sebagai penegak hukum di laut dan khusus lanal yang melaksanakan patroli terbatas dan melaksanakan pembinaan potensi maritim. 

Widido berharap jiwa kemaritiman kebaharian timbul digenerasi muda itu sehingga kedepan memiliki wawasan yang cukup. Dan juga mereka akan memiliki tingkat mental yang cukup baik, karena hidup di negara yang banyak pulau diperhadapkan dengan cuaca dinamis, sehingga mental mereka harus lebih kuat dibanding yang lain," kunci Widodo. (js)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Kamis, 31 Mei 2018 ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional