Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau

KAL Pulau Kabaruan, Alutsista di Perbatasan di Perkuat, Tuange : Ini Pertanda Negara Hadir

Talaud, detiKawanua.com - Perkuatan alat utama sistem pertahanan ( Alutsista )  di wilayah perbatasan antara Indonesia dengan Filipina semakin digenjot lewat penambahan armada. Kedatangan Kapal Angkatan Laut ( KAL ) Pulau Kabaruan bernomor lambung 1- 8 - 32  yang tiba  di Melonguane, Rabu(2/5/2018) pagi tadi semakin menegaskan eksistensi TNI AL selaku Matra Laut  dalam tugas dan dedikasinya menegakan kedaulatan hukum di laut, serta pengendalian perairan yuridis Indonesia.
Dalam sambutannya usai penyambutan KAL. Danlanal Melonguane, Letkol ( Mar) Augustinus Purba mengatakan, keberhasilan  pelaksanaan tugas TNI AL di dukung dua faktor, yaitu kehadiran alutsisa dan profesinalisme prajurit sebagai pengawak yang mampu melaksanakan tugas dengan baik, serta memiliki standar kualitas kejuangan yang tinggi, dengan jiwa sapta marga dan nilai- nilai trisila TNI AL.
"KAL Pulau Kabaruan  diharapkan mampu berpatroli menjaga perairan yuridiksi dalam pengamanan laut dari aksi tindak kejahatan di laut yang menjadi kewenangan dan tanggung jawab Lanal Melonguane, serta mampu bersinergi dengan pemerintah daerah di bidang kemaritiman," ujar Danlanal.
Sementara itu pada kesempatan yang sama, Plt Bupati Kepulauan Talaud, Petrus Simon Tuange mengungkapkan, dengan kondisi geografis Talaud sebagai wilayah kepulauan yang terdiri dari 8 pulau berpenghuni dan 9 pulau tak berpenghuni, ditambah  97 persen luas wilayahnya adalah lautan dan 3 persen daratan. Maka penambahan alutista untuk perairang sangatlah dibutuhkan. Kehadiran KAL Pulau Kabaruan sangat diapresiasi.
"Kehadiran penambahan alutsista dalam hal ini KAL Pulau Kabaruan merupakan suatu pertanda bahwa negara hadir, negara peduli terhadap daerah perbatasan. Saat ini nelayan kita merasa aman dan nyaman. Sebelum ada Lanal dan Posal- Posal di bawahnya. Ikan - Ikan kita sering dicuri nelayan Filipina," ungkap Tuange.

Berdasarkan data yang dirangkum RRI. Sebelum  bergabungnya  KAL Pulau Kabaruan. Lanal Melonguane telah memiliki  1 KAL Pulau Karakelang bernomor lambung 1- 8 - 30, 2 Sea Rider, 2 Combat Boat dan beberapa rubber boat.
Diketahui, KAL Pulau Kabaruan merupakan alutsista  pengadaan  baru buatan anak negeri dengan ukuran panjang badan kapal 12 Meter, Lebar 3 Meter dan kecepatan maksimum 20 knots. KAL ini memiliki teknologi navigasi dan penginderaan yang modern. Pengadaan KAL tersebut merupakan bagian rencana strategis ( renstra) TNI AL dalam mewujudkan kekuatan pokok Minimum Essential Force. (RhojakFM)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Kamis, 03 Mei 2018 , ,

0 komentar for "KAL Pulau Kabaruan, Alutsista di Perbatasan di Perkuat, Tuange : Ini Pertanda Negara Hadir"

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional