Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau

'Janji' Olly Terpenuhi Fasilitas Internet Bagi Warga Kepulauan Lewat Proyek Palapa Ring

Manado, detiKawanua.com - Konstruksi Palapa Ring Paket Tengah dipastikan selesai pengerjaannya pada bulan September 2018 ini. Adapun Palapa Ring merupakan proyek infrastruktur tulang punggung jaringan telekomunikasi Broadband (Pita Lebar) berupa pembangunan serat optik yang membentang ke seluruh Indonesia (jalur bawah laut) yang dibangun oleh Operator Telekomunikasi dan sebagian dibangun oleh pemerintah yang terbagi atas tiga paket pembangunan yang disebut Proyek Palapa Ring Paket Barat, Palapa Ring Paket Tengah, dan Palapa Ring Paket Timur. Dan kini pengerjaannya tengah hampir rampung untuk Sulawesi Utara.

Gubernur Olly Dondokambey saat dikonfirmasi wartawan membenarkan akan Mega Proyek (proyek besar) tersebut yang melalui dirinya bersama Menteri Kominfo RI, Rudiantara, pada Jumat (25/05) telah melakukan peninjauan langsung melakui wilayah pantai Mokupa.

"Kami optimis dengan proyek Palapa Ring Paket Tengah nantinya masyarakat Sulut bakal menikmati kualitas jaringan internet yang lebih baik dengan adanya akses Broadband, terutama di wilayah Kepualauan di Sulut nantinya tidak ada lagi jaringan internet yang terputus. Sehingga semua masyarakat bisa menggunakan internet dengan optimal," terang Olly.

Adapun untuk kualitas jaringan internet yang optimal itu ditunjang dengan adanya pemasangan kabel optik bawah laut.

"Kabel optik Palapa Ring Paket Tengah di Sulawesi Utara dipasang mulai dari Mokupa, ke Kepulauan Siau hingga Melonguane dan daerah lainnya. Dan ini nantinya memenuhi kabutuhan masyarakat kepulauan bisa menikmati jaringan/signal hingga internet dengan baik," terang Gubernur.

Senada itu Menkominfo RI, Rudiantara menyatakan optimistis semua konstruksi Palapa Ring Paket Tengah bisa diselesaikan pada September tahun ini sehingga mampu dioperasikan pada tahun depan.

“Konstruksi Palapa Ring Paket Tengah ditargetkan selesai September 2018. Dimana pembangunan ini merupakan merupakan salah satu upaya komitmen Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla dalam mewujudkan Nawacita ke-3. Membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan," jelas Menteri Rudiantara.

Diketahui, proyek Palapa Ring Paket Tengah akan menghubungkan 17 Kabupaten/Kota yang berada di Provinsi Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara dan Maluku Utara dengan panjang kabel mencapai 2.700 km.

(IsJo)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Sabtu, 26 Mei 2018 , , ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional