Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau

Dua Kecamatan Baru Talaud di Deklarasikan, PST : Pemekaran itu Perlu Guna Percepatan Pulau Kabaruan

Talaud, detiKawanua.com - Plt Bupati Kepulauan Talaud Petrus Simon Tuange mengatakan, untuk mempercepat proses pembangunan dan tambahan kucuran dana, maka perlu dilakukan pemekaran wilayah kecamatan di Pulau Kabaruan, Kabupaten Kepulauan Talaud.  Apalagi berdasarkan Kepres Nomor 6 Tahun 2017 telah menetapkan Kabaruan sebagai salah satu pulau terluar.  Sehingga pemekaran kecamatan khusus dipandang layak diberlakukan
Dalam rapat persiapan pemekaran dua kecamatan baru dari dua kecamatan Induk Kabaruan dan Damau yang  juga dihadiri Assisten Ekbang Toni Gagola, Anggota DPRD Godfried Timpua, Anastasius Tiolong, Foker Pelle, Camat Damau, Camat Kabaruan, 20 Kepala Desa di Pulau Kabaruan dan Tokoh lainnya ini, Tuange menyatakan Pemda sangat mengapresiasi pemekaran tersebut.

“Pemekaran itu perlu dilakukan guna percepatan di Pulau Kabaruan, sebagai salah satu pulau terluar.Sesuai Kepres Nomor 6/2017.Selain Miangas yang telah lebih dahulu. Kabupaten Kepulauan Talaud ketambahan 3 daerah terluar, yaitu Pulau Marampit, Pulau Intata, dan Pulau Kabaruan. Sehingga ini perlu ada gerak cepat dari kita untuk memacu ini," ujar Plt Bupati, Kamis (3/5/2018) petang kemarin.
Terpantau RRI, rapat tersebut berlangsung alot. Pemandangan saling adu argumentasi dan debat antara para kepala desa dipertontonkan. Pembagian desa-desa yang akan menjadi bagian di wilayah kecamatan baru, penamaan kecamatan, adat istiadat hingga regulasi dan syarat - syarat pemekaran desa menjadi pembahasan. Berbagai usulan disampaikan pemangku kepentingan.

Menanggapi hal tersebut Tuange yang diketahui adalah putra asli Pulau Kabaruan menuturkan, dalam sebuah musyawarah dan rapat, perdebatan hal yang biasa. Lewat argumentasi dan usulan ataupun masukkan akan didapatkan sebuah kemufakatan. 

"Mari kita berjalan bersama. Jangan berjuang sendiri - sendiri. Perbedaan pendapat adalah hal biasa dan perlu untuk mencapi suatu titik temu demi kepentingan bersama," katanya.
Terkait pemekaran, DPRD medukung penuh dan menyukseskannya.

"Dengan masuknya proposal  pembentukan kecamatan di Pulau Kabaruan yang juga termasuk pulau terluar, kita perlu bergerak cepat. Dan DPRD mendukung penuh aspirasi masyarakat ini. Karena itu saya minta kepada semua Kepala Desa dan Camat, agar bisa segera melengkapi semua syarat yang dibutuhkan. Baik syarat administrasi, syarat teknis, maupun syarat fisik,” ucap Timpua  diaminkan legislator lainnya.
Dari rapat tersebut, salah satu hasil yang diperoleh adalan nama dua kecamatan baru yang akan dimekarkan dari Kecamatan Kabaruan dan Kecamatan Damau, yaitu Kecamatan Kabaruan Selatan dan Kecamatan Damau Utara, Nomenklatur Kecamatan akan menggunakan Kecamatan Khusus untuk mempercepat disetujuinya percepatan pemekaran, segera dibentuknya panitia kecamatan, melengkapi berkas pendudukung yang nantinya dikoordinasikan di bagian pemerintahan Setda.

"Minggu ke dua bulan ini  semua dokumen sudah dimasukan ," tambah Asisten Ekbang.
Acara kemudian dilanjutkan dengan deklarasi bersama pembentukan dua kecamatan khusus, Damau Utara dan Kabaruan Selatan. (RhojakFM)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Jumat, 04 Mei 2018 , , ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional