Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
PratinjauPratinjauPratinjau PratinjauPratinjau
Pratinjau

Disnaker Sulut dan FKPPDID Jamin Pencari Kerja Lokal Jadi Profesional Siap Pakai

Manado, detiKawanua.com - Terbentuknya Forum Komunikasi Pelatihan dan Pemagangan Dengan Industri Daerah (FKPPDID) yang melibatkan semua stagholder terkait baik pemerintah lembaga dibidang perusahaan/industri diantaranya Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) di Sulut, serta Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Sulut, mempunyai tujuan bersama untuk melakukan kegiatan pelatihan pemagangan bagi para pencari kerja disektor industri.

Melalui Kadisnakertrans Sulut, Erny B.Tumundo mengatakan, dalam pertemuan pembentukan FKPPDID siang tadi, Selasa (15/05) di Kantor Disnakertrans Sulut, selaku pemerintah mengharapkan peran serta dukungan dari industri nantinya bisa menerima tenaga-tenaga kerja untuk dimagangkan.

"Jadi jelasnya ketika mereka (pencari kerja) misalnya lulus SMK dan dia punya kompetensi dalam kejuruan otomotif akan dimagangkan dulu di industri otomotif, bagitupun dengan jurusan pariwisata perhotelan itu dimagangkan di hotel-hotel," terangnya.

Namun, pada langkah awal (baru dibentuk FKPPDID) dikatakan Tumundo, bahwa tim diawali dengan membuat database menginventarisasi industri-industri di Sulut yang memerlukan tenaga kerja dannmempersiapkan semua instruktur yang ada disetiap lembaga pelatihan kerja Kabupaten Kota.

"Termasuk lembaga yang sudah bisa melakukan uji kompetensi seperti LKS lembaga sertifikasi karena untuk tenaga-tenaga kerja yang dilatih kami berharap bisa menerima sertifikat kompetensi," ujarnya sembari menambahkan hal itu merupakan salah satu upaya dalam peningkatan kualitas dan pengembangan SDM dari para pencari tenaga kerja, yang juga kedepan nanti dapat diandalkan dan dimudahkan.

"Khususnya bagi tenaga kerja lokal kita di Sulut, dimana juga bagi pihak perusahaan/industri bisa lebih memerhatikan tenaga kerja lokal (yang setelah mengikuti pelatihan magang) itu sudah teruji dan siap pakai. Oleh karena itu diharapkan semua stagholder bisa bekerjasama demi tujuan mulia ini," tandas Tumundo.

Diketahui masa periode FKPPDID selama 3 tahun untuk dilakukan kembali pemilihan kepengurusan melalui SK Gubernur.

(IsJo)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Selasa, 15 Mei 2018 ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional