Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau

Besok 877 Calon Praja IPDN Ikut CAT, Suluh: Proses Transparan dan Jangan Tertipu Oknum Calo

Manado, detiKawanua.com - ke 549 Calon Praja IPDN Tahun 2018 yang telah hadir pada kegiatan pembekalan/pengarahan dalam rangka persiapan pelaksaan tes kompetensi dasar dengan sistem Computer Asisted Test (CAT) yang berlangsung di Ruang CJ.Rantung Kantor Gubernur pada Jumat (18/05), dengan menggunakan pakaian hitam putih telah menerima arahan dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulut dan Perwakilan IPDN (Rosye Kalangi).

Dalam penyampaiannya Kepala BKD Sulut, Femmy Suluh bahwa dari sekitar 900an lebih pendaftar calon Praja IPDN yang telah menindaklanjuti ketahap selanjutnya dengan melunasi Penerimaan Negara Bukan Pajak (BNBP) sekitar 877 calon, namun yang hadir pada pembekalan hanya 549 calon.

"Pada kali ini prosesnya lebih ketat dan sangat transparan, dari dua tahun lalu yang banyak pertama kali ikut lulus tapi ada juga yang sampai empat kali ikut baru lulus. Secara teknis hampir sama, dimana tahap dua (Senin besok) melalui sistem CAT hasil peserta langsung terlihat di layar monitor dan tidak bisa ada yang membantu, hanya Tuhan melalui doa dan diri sendiri lah melalui belajar giat yang bisa," terang Suluh.

Lanjutnya mengingatkan kembali bahwa selain hasilnya tes CAT langsung diketahui peserta juga tes kompetensi dasar tersebut benar-benar secara objektiv.

"Tidak ada memakai perantara calo/pihak ketiga. Diingatkan kepada seluruh orang tua jangan sampai tertipu dengan pihak ketiga, kami tegaskan itu tidak ada!," tegasnya.

Suluh juga mengungkapkan bahwa kedepan jika lulus semua sesi ujian tes di tingkat Provinsi Sulut, maka Pemprov akan menanggung/mambayar semua akomodasi sampai ke Jatinangor (untuk lakukan tes selanjutnya).

"Sekarang ada perubahan standar passinggrade, standarnya naik. Tes Wawasan Kebangsaan tahun lalu passinggradenya 70 sekarang 75, (banyak yang gugur di TWK), Tes Intelejensia Umum (TIU) 75 jadi 80, dan unyuk Tes Karakteristrik Pribadi (TKP) 126 menjadi 143. Kemungkinan pada Senin nanti tes (CAT) akan dibagi tiga sesi jadk kemungkinan akan sampai 2 hingga 3 hari untuk tes," ungkapnya sembari memberikan kesempatan bagi peserta yang belum paham akan sistem CAT untuk bisa melakukan simulasi di ruangan CAT di kantor Gubernur sejak Sabtu hingga Senin (Minggu tutup) secara bergantian karena fasilitas komputer hanya 27 unit.

Kaban Suluh juga menghimbau kepada para peserta untuk menjaga kesehatan dengan baik.

"Kepada peserta harus ada nomor handphone yang bisa dihubungi/aktiv. Berkompetisilah secara sehat, dan jadikan ini ajang silaturahmi, memberikan informasi dan membantu satu sama lain. Pemprov Sulut belum ada pengangkatan ASN secara keseluruhan dan dimana harapan terbesar adalah IPDN," tandas Suluh.

Senada disampaikan Perwakilan IPDN dan juga mantan Kepala Bandiklat Provinsi Sulut, Rosye Kalangi bahwa doa dan giat belajar merupakan hal utama dan selain itu juga harus memiliki karakter keberanian dalam artian sebagai kepemimpinan. Harus semangat, jangan malu dan takut karena proses tes merupakan pengetahuan pendidikan diri untuk menjadi seorang Praja yang benar-benar teruji dan profesional.


(IsJo)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Minggu, 20 Mei 2018 ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional