Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau

Wauda Tantang Pemilih Pemula, Laporkan Keluarga Yang Melanggar UU Pilkada

Talaud, detiKawanua.com - Menunjang pelaksanaan pengawasan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Talaud Tahun 2018, Panwaslu Talaud laksanakan Sosialisasi tentang 'Pengawasan Pemilukada Partisipatif Dalam Rangka Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah di Kabupaten Kepulauan Talaud bagi Pemilih Pemula' di Aula Cendrawasih Melonguane, Jumat (20/4).
Kegiatan dihadiri oleh Komisioner Panwaslu Talaud Jekman Wauda SS, Mardyanto Bungangu SH dan Raemond Manangkabo SPd, Kepala Sekretariat Panwaslu Talaud Karel Polen Ngala, SH, Bendahara Pembantu Pengeluaran APBN Yosinta Maga SKom, Bendahara Pembantu Pengeluaran APBD Stenly Wuy dan seluruh Staf Panwaslu Talaud.

Dalam Sambutannya membuka kegiatan Ketua Panwaslu Talaud Jekman Wauda SS menjelaskan bahwa Bawaslu sebagai lembaga yang diberikan mandat untuk mengawal demokrasi memiliki dua fungsi antara lain mencegah dan menindak dugan pelanggaran baik pemilihan maupun pelanggaran pemilu. Dalam kaitan dengan pemilihan bupati dan wakil bupati kabupaten kepulauan Talaud kata dia tidak ada satu dari semua pasangan calon mendapatkan perlakuan khusus. Semua mendapatkan perlakuan yang sama didepan hukum. 
"bagi kami panitia pengawas pemilihan tugas kami adalah menjamin dan memastikan bahwa semua pasangan calon bupati dan wakil bupati di Talaud mendapatkan kesempatan yang sama didepan hukum." pungkasnya.

Lebih jauh wauda menjelaskan bahwa memang dalam jumlah personil sangatlah tidak mungkin jika 3 komisioner di kabupaten ditambah dengan 3 komisioner yg tersebar ditiap kecamatan di talaud dapat menjangkau seluruh dugaan pelanggaran yang terjadi. Karenanya Bawaslu melalui kegiatan sosialisasi mengharapkan peran serta dari seluruh stakeholder untuk dapat bersama-sama  menjadi pengawal demokrasi, paling tidak dapat menyampaikan dugaan pelanggaran yg terjadi yang barangkali tidak terjangkau oleh pengawas pemilu. Pada kesempatan tersebut juga wauda megharapkan  khusus bagi pemilih pemula agar kiranya dapat menyampaikan dugaan pelanggaran pemilihan yg terjadi dan yang terlihat oleh mereka sehingga diporkan kepada pengawas pemilih yang terdekat. Dirnya juga menantang  para pemilih pemula agar berani melaporkan dugaan pelanggaran yg terlihat oleh kasat mata mereka. 
"Saya tantang adik-adik apakah berani melaporkan dugaan pelanggaran yg dilakukan apakah oleh orang tua selaku TS atau saudara dekat." Imbuhnya.

Sementara itu dalam pemaparan materinya Pimpinan Panwaslu Talaud Mardyanto Bungangu SH mengatakan berkaitan dengan pelaksanaan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Talaud Tahun 2018, Panwaslu bersama dengan jajaran melakukan langkah meminimalisir dugaan pelanggaran Pemilihan dengan melakukan sosialisasi kepada seluruh stakeholder terutama siswa - siswa.
"Yang menjadi hal penting dalam pelaksanaan pilkada jangan sampai dijadikan objek atau subjek dalam tindak pidana pemilihan. Kami menyampaikan hal - hal posistif kepada mereka menjadi pemilih pemula. Kegiatan ini adalah sosialisasi kepada pemilih pemula sebagai generasi muda. Siswa menjadi salah satu stakeholder pendukung bagi pengawas pemilu untuk meningkatkan partisipatif masyarakat dalam pemilihan karena siswa biasanya menjadi pioner dilingkunhan sekolah dan keluarga", kata Bungangu.
Ditempat yang sama, Aprilia Gagola Siswi SMANSA Melonguane mengatakan kinerja Panwaslu Talaud dalam rangka pemilihan Bupati dan Wakil Bupati mengawasi tahapan kampanye dan pungut hitung yang didalamnya mengawasi Pasangan Calon dan Tim Sukses dalam strategi pemenangannya memakai cara Politik Uang.

"Menurut Panwaslu dalam menangani dugaan pelanggaran sehubungan dengan Politik Uang atau dikatakan suap menyuap antara Paslon dengan Penyelenggara dan/atau Masyarakat. Kami berharap kedepan Pengawas Pemilu lebih optimal lagi dalam mengawasi gerak gerik dari setiap Tim Sukses atau siapa yang berkepentingan", ujar Gagola.
Diketahui, kegiatan ini dihadiri puluhan siswa - siswi SMA/SMK di Ibukota Kabupaten Kepulauan Talaud Melonguane. (RhojakFM/Adv)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Sabtu, 21 April 2018 , , ,

0 komentar for "Wauda Tantang Pemilih Pemula, Laporkan Keluarga Yang Melanggar UU Pilkada"

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional