Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau

Sulut Segera Miliki Perpustakaan Digital, Dengan Sejumlah Inovasi Disuport Pemerintah Pusat

Manado, detiKawanua.com - Perpustakaan di Indonesia khususnya Perpustakaan Provinsi Sulut kini menjadi perhatian khusus dari pemerintah pusat karena, selain fungsinya menjadi bagian dari mencerdaskan (membaca buku/info terupdate) melalui inovasi sejumlah terobosan program kerja, juga perpustakaan menjadi satu instansi dengan sarana pelayanan publik yang berhubungan langsung masyarakat. Oleh karena itu, kini Perpustakaan Provinsi Sulut yang dibawahi Jani Lukas tengah dalam pembenahan terlebih menindak lanjuti terobosan program dari Gubernur (Olly Dondokambey) dan Wakil Gubernur (Steven Kandouw) yakni 'Perpustakaan Digital' yang kini menjadi fokus dari pemerintah pusat melalui Perpustakaan Nasional RI dan DPR RI untuk dikembangkan.

Melalui Kepala Perpustakaan Daerah Sulut, Jani Lukas kepada wartawan pada Selasa (03/04) siang tadi di kantornya mengungkapkan, dirinya yang baru saja menjabat pada bulan Februari lalu pada sekarang ini tengah menghadapi program kerja 'Perpustakaan Digital' yang  disamping itu juga dalam mendukung program pentingnya revitalisasi penataan gedung yang dikarenakan sejumlah hal pertimbangan teknis.

"Penataan gedung tersebut karena ini (gedung)nya terletak di pusat Kota Manado sebagai lokasi strategis, yang hal itu untuk menarik perhatian masyarakat dan ketika masuk kedalam (gedung) pun mereka merasa nyaman untuk membaca serta mencari informasi dengan didukung pelayanan fasilitas memadai," terang Lukas yang saat itu didampingi Kabid Layanan Perpustakaan, Efta Rinny Mamahit.

Dikatakanya pula bahwa pentingnya revitalisasi tersebut dilaksanakan, karena memang secara umum banyak yang memandang (perpustakaan) sebelah mata. Namun, ternyata ketika dilihat dari segi pekerjaan sejumlah bidang seperti Kearsipan dan Layanan Perpustakaan merupakan bidang strategis yang menjadi perhatian pemerintah pusat.

"Itu sebabnya dalam menyusun program kegiatan ditahun 2018 ini memprioritaskan bidang Layanan Perpustakaan dan Kearsipan sebagaimana kedua bidang ini menjadi tulang punggung perpustakaan dalam melakukan program terobosan menarik minat perhatian masyarakat terutama  Perpustakaan Digital," jelasnya.

Adapun tujuan menjadikan Perpustakaan di Sulut menjadi sistem digital, agar lebih mempermudah dengan jangkauan luas sehingga bisa dinikmati masyarakat banyak.

"Untuk itu persiapannya mulai dari perbaikan gedung, fasilitas alat komputer, server, meja, kursi, lemari hingga persediaan buku-buku terupdate menjadi prioritas kami pada tahun ini. Nantinya, sebagai wujud perhatian dari pemerintah pusat untuk sumber daya manusia (SDM) akan mengirimkan tenaga ahli dalam mengelola sistem digitalnya untuk lakukan pengembangannya," ujar Lukas, sembari menambahkan bahwa perpustakaan juga dilain sektor dalam pengembangan digitalnya maupun manual mendukung program kerja OD-SK di bidang pariwisata.

"Nanti juga jika gedung dan fasilitasnya sudah memadai, dengan letak lokasi yang strategis dipusat kota juga dapat menarik minat para turis yang jika begitu nantinya diprogramkan pertukaran buku dari para turis didaerahnya masing-masing dengan buku daerah Sulawesi Utara," tandasnya.

Diketahui pada beberapa waktu lalu juga Perpustakaan Daerah Sulut telah dikunjungi tim dari DPR RI.

(IsJo)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Selasa, 03 April 2018 , ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional