Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
PratinjauPratinjauPratinjau PratinjauPratinjau
Pratinjau

Semarak Paskah di Talaud Berjalan Aman

Tuange : Makna Paskah Pembebasan Manusia dari Dosa

Suasana ibadah di Gereja Khatolik Santa Maria Ratu Damai.

Talaud, detiKawanua.com - Momentum Perayaan Paskah atau Hari Kebangkitan Yesus Kristus, Minggu (1/4) berlangsung semarak dengan ragam prosesi peribadatan hingga selebrasinya.

Terpantau  RRI yang melakukan peliputan di dua Gereja yakni Gereja Katholik  Santa Maria Ratu Damai Melonguane dan Jemaat Germita Ebenhaezer Melonguane . Umat Katholik nampak khusuk mengikuti jalannya peribadatan yang dipimpin langsung Pastor Delis Umbas, Pr. Dalam khotbahnya ia berharap kebangkitan Kristus akan  menyinari hidup manusia.
Suasana Ibadah di GERMITA Eben Haezar Melonguane.

"Paskah adalah perayaan terbesar kita umat Kristiani. Paskah merupakan peristiwa kebangkitan Yesus Kristus dari maut. Kristus  disalibkan mati demi menebus  dosa umatnya. Jangan berbuat dosa lagi," pesan  Pastor Delis Umbas.

Usai ibadah yang berlangsung sejak pukul 08.00 wita hingga 09.44 wita.  Plt Bupati Petrus Simon Tuange, yang beribadah paskah di Gereja Khatolik tersebut  menyampaikan selamat paskah kepada seluruh umat nasrani di Tanah Porodisa , sekaligus mengimbau agar masyarakat dapat menaruh keimanan dan menjalin kebersamaan di tengah kehidupan. Apalagi, saat ini berada  di tengah-tengah suasana pilkada.
Kapolres Kepulauan Talaud AKBP M Denny I Situmorang saat pantauan pam paskah.

"Paskah lama adalah peringatan bangsa Israel dari perbudakan mesir, sedangkan paskah baru, bermakna pembebasan manusia dari dosa. Kepada seluruh umat nasrani selamat merayakan paskah. Semoga iman kita diteguhkan. Menghadapi pilkada mari kita pererat persatuan. Pilihan boleh beda tetapi harus damai dan bersatu," ujar Tuange.

Sementara itu di tempat dan  suasana  yang berbeda, dilaksanakan juga ibadah paskah  oleh Jemaat  GERMITA Eben Haezar Melonguane, yang menggunakan ruas jalan utama depan gedung gereja sebagai lokasi dan menggunakan tata ibadah KPI dengan Khadim Sekum GERMITA, Pdt Richard Sasauw. Sasauw mengangkat khotbah yang berjudul 'Paskah yang mengubahkan'.
"Dengan paskah kita diubahkan, karena paskah adalah kemenangan. Termasuk kemenangan dari pikiran yang sempit. Paskah mengubahkan kita dari dulu suka berbuat dosa, sekarang putuskan hubungan dengan dosa," ucap Sasauw.

Terkait pengamanan paskah,  Kapolres Kepulauan Talaud AKBP M Denny I Situmorang SIK menjelaskan, pihaknya telah menurunkan  287 personil  dari  dilakukan polres dan polsek jajaran yang ditempatkan berjaga -jaga di 340 gereja seluruh denominasi.
"Pengamanan dilakukan sejak perayaan Jumat Agung sampai Paskah dengan jumlah personel yang sama. Ditambah hari ini juga tidak ada kegiatan kampanye. Meski demikian satu harapan saya, kita semua mampu menjaga dan mempertahankan suasana yang kondusif ini, sebagai bagian dari menjalankan perintah dan amanat kasih dari Tuhan kita Yesus Kristus. Gereja di Talaud ," ucap AKBP Situmorang.
Plt Bupati Petrus Simon Tuange saat diwawancarai.
Diketahui ke 340 Gereja terbagi atas 190 Germita, 50 Gereja  Katholik, 80 Gereja Pantekosta dan 20 Gereja Adven. (RhojakFM)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Minggu, 01 April 2018 , , ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional